Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid, Ada yang Tidak Menghapus Lukisan Yesus

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid, Ada yang Tidak Menghapus Lukisan Yesus

Masjid  merupakan tempat ibadah untuk pemeluk agama Islam. Tapi beberapa masjid ternyata ada yang bangunannya bekas gereja . Jika dulunya digunakan umat Katolik atau Kristen Protestan, bangunan itu direnovasi dan berubah menjadi tempat ibadah umat Islam. Beberapa masjid bekas gereja terdapat di Indonesia dan negara di luar negeri. Berikut daftarnya.

1.    Masjid Istiqlal Islamic Centre of Toronto

Masjid ini berada di Toronto, Kanada. Kehadiran masjid yang disebut IICT ini disambut bahagia oleh pemeluk agama Islam di Toronto. Pada bulan Mei 2021 lalu, masjid tersebut akhirnya dibuka untuk pertama kalinya. Bangunan IITC dulunya adalah gereja yang diakuisisi oleh komunitas muslim Indonesia Toronto jadi masjid.

Anggota Dewan IICT, Ned mengatakan proses perpindahan, akuisisi, dan renovasi bangunan berjalan dengan lancar. Pihak komunitas muslim Indonesia harus menggelontorkan uang miliaran untuk mengurus proses perpindahan dari gereja ke masjid tersebut.

Dulunya Gereja, Daftar Tempat Ibadah Disulap Jadi Masjid (SINDOnews)

2.    Masjid New Peckham

Di Inggris tepatnya di London terdapat sebuah Masjid New Peckham yang dulunya dijadikan gereja Katolik bernama Santo Markus. Kini masjid itu banyak didatangi umat Islam untuk beribadah. Uniknya di masjid ini terdapat lukisan Yesus yang merupakan peninggalan dari gereja sebelumnya.

Pihak pengelola masjid memutuskan untuk tidak menghapus atau mengganti lukisan kaca bergambar Yesus dan dibiarkan begitu saja. Bangunan itu adalah bangunan bersejarah di London. Pihak masjid tidak menghapus lukisan Yesus karena lukisan itu tidak berada di ruangan khusus salat karena berada di lantai dua atau ruangan khusus pertemuan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"