Diundang ke Pernikahan Kaesang, Sejumlah Tokoh Ini Tidak Hadir

Diundang ke Pernikahan Kaesang, Sejumlah Tokoh Ini Tidak Hadir

Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dilaksanakan pada Sabtu (10/12) di Yogyakarta dilanjutkan dengan resepsi dan syukuran pada Minggu (11/12) di Solo, Jawa Tengah. Ribuan undangan hadir dalam pernikahan akbar anak Presiden Jokowi dan Iriana. Sebab beberapa tokoh dan pejabat banyak yang menjadi panitia dan membantu kelancaran proses pernikahan tersebut.

Sebut saja menteri-menteri yang sudah berada di Yogyakarta dan Solo jauh sebelum acara hari H. Misalnya Menteri BUMN Erick Thohir yang disebut jadi Ketua Panitia pernikahan Kaesang dan Erina. Juga ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljanto  yang jadi saksi dalam akad nikah.

Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kordinator Politik Hukum/HAM, Mahfud MD, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, bersama para istri hadir ikut memberikan siraman air untuk Kaesang, sehari sebelum pernikahan. Bahkan Presiden UEA Mohammed Bin Zayed diprediksi akan hadir.

Diundang ke Pernikahan Kaesang, Sejumlah Tokoh Ini Tidak Hadir (Tempo.co)

Meski pernikahan Kaesang dan Erina akan dihadiri ribuan orang yang berasal dari tokoh, pejabat, pengusaha, dan lintas masyarakat lainnya, namun ada beberapa tokoh yang tidak hadir dalam pernikahan tersebut meski sudah diundang oleh Jokowi. Kira-kira siapa saja yang tidak hadir ya?

Surya Paloh

Tokoh pertama yang tidak hadir adalah Surya Paloh. Surya Paloh tidak hadir karena sedang berada di Jerman untuk menjalani pengobatan. Sejak bulan November hingga Januari 2023, dikabarkan Surya tidak berada di Indonesia. Padahal Surya dan Jokowi memiliki hubungan yang baik. Meski kabarnya saat ini hubungan keduanya tengah merenggang.

Rizal Ramli

Rizal Ramli adalah mantan menteri yang pernah bekerja sama dengan Jokowi. Sayangnya Rizal yang diundang ke pernikahan Kaesang tidak bisa hadir. Lewat cuitan di Twitter, Rizal meminta maaf tidak bisa datang ke pernikahan Kaesang dan Erina di Solo.

Gus Miftah

Tokoh berikutnya yang tidak hadir ke pernikahan Kaesang dan Erina adalah Gus Miftah. Penceramah dan ustaz beken ini sedang berada di Belanda saat Kaesang menikah. Gus Miftah dikenal memiliki hubungan baik dengan Jokowi dan anak-anaknya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"