Deretan Pondok Pesantren Mewah di Indonesia, Ada yang Termegah Se-Asia Tenggara

Deretan Pondok Pesantren Mewah di Indonesia, Ada yang Termegah Se-Asia Tenggara

Pondok Pesantren atau ponpes menjadi salah satu tempat pendidikan yang dipilih oleh para orangtua untuk anaknya. Selain bisa mendapatkan pendidikan agama, orangtua biasanya ingin buah hati mereka belajar tentang kedisplinan dan ilmu tentang kehidupan lainnya.

Di Indonesia sejak dulu sampai sekarang terdapat banyak ponpes yang tersebar, bisa dibilang hampir setiap pulau terdapat ponpes. Mulai dari ponpes sederhana yang berada di daerah atau kampung, ada juga ponpes yang megah dan mewah karena berada di kota besar. Berikut beberapa ponpes yang dikenal dengan kemewahannya.

1. Pondok Pesantren Bi Ba'a Fadlrah

Ponpes yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini masuk dalam jajaran ponpes yang megah dan mewah. Dikutip dari Lifepal, ponpes ini dididirkan oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Maflaluddin Shaleh di tahun 1978. Pesantren ini terdiri atas 10 lantai yang terdapat pondok untuk santri, ruangan keluarga saat datang, hingg akolam renang berukuran besar.

Pondok Pesantren Bi Ba'a Fadlrah (Solopos.com)

2. Pondok Pesantren Al-Zaytun

Ponpes yang juga disebut Ma'had Al-Zaytun sempat masuk pemberitaan media asing yakni Washington Times pada tahun 2005. Bahkan media itu mengatakan jika ponpes yang berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini disebut sebagai ponpes termegah se-Asia Tenggara karena memiliki luas 1.200 hektar dan memiliki beberapa santri yang berasal dari luar negeri.

Ponpes yang diresmikan oleh Alm.BJ.Habibie ini memiliki fasilitas yang memanjakan para santri, mulai dari sarana olahraga seperti lapangan voli, hoki, dan beberapa fasilitas untuk menunjang olahraga lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"