5 Orang Indonesia yang Jenazah dan Kain Kafan Masih Utuh Ketika Kuburan Dibongkar bertahun-Tahun Kemudian

5 Orang Indonesia yang Jenazah dan Kain Kafan Masih Utuh Ketika Kuburan Dibongkar bertahun-Tahun Kemudian

Kalain pernah dengerkan kalau ada orang sholeh yang jasadnya masih utuh. Meski udah dikubur bertahun-tahun. Semua karena kebesaran Allah SWT yang menjaga jasad hambanya tersebut.

Ada juga loh orang Indonesia yang mengalami hal serupa gengs. Beliau adalah Kakek buyut KH Maruf Amin. Beliau adalah keturunan dari Sunan Gunung Jati itu yakni bernama Syekh Nawawi Al-Bantani. Sangat dihormati di Arab Saudi gengs, gak cuma di Indonesia aja.

1. Syaikh Nawawi Al-Bantani

Syaikh Nawawi Al-Bantani (iqra.id)

Beliau juga adalah Guru dari KH Hasyim Asyari atau Mbah Hasyim yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan juga KH Ahmad Dahlan yang mendirikan Muhammadiyah ini lahir di Banten dan meninggal di Mekkah.

Karena meninggal di sana, maka proses pemakaman beliau juga harus menurti peraturan Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi mempunyai kebijakan kalau jenazah yang telah dikubur selama beberapa tahun kuburannya harus digali lagi. Guna diambil tulang belulang jenazah dan disatukan dengan tulang belulang mayat lainnya.

Syaikh Nawawi Al-Bantani ini meninggal pada tahun 1898, kuburnya digali tiga tahun kemuadian gengs. Ketika membuka kuburnya, petugaspun terpana. Karena yang mereka temukan adalah jasad yang masih utuh. Dengan kain kafan yang tetap utuh juga.

Pemerintah Arab Saudi kemudian membatalkan pemindahan jenazah dan melarang membongkar makam Syaikh Nawawi Al-Bantani. Hingga sekarang makamnya tetap berada di Ma'la Makkah.

2. Kiai Abdulah Mukmin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"