Deretan Pemain Keturunan Indonesia yang Berkiprah di Eropa, Ingin Bela Timnas

Deretan Pemain Keturunan Indonesia yang Berkiprah di Eropa, Ingin Bela Timnas

Beberapa waktu tahun silam Indonesia gencar menjalankan program naturalisasi. Pasalnya banyak pemain sepak bola yang memiliki keturunan Indonesia yang kini berkiprah di Eropa.

Pemain naturalisasi (bola.com)

Program tersebut dilakukan Indonesia dalam rangka menjaring bibit-bibit pemain yang berkualitas untuk mengisi skuat Timnas Indonesia. Terhitung sejak tahun 2010 silam, beberapa pemain naturalisasi sudah mulai menghiasi skuat Garuda.

Tercatat, pemain naturalisasi yang pernah membela timnas Indonesia yakni Sergio Van Dijk, Irfan Bachdim, Kim Jeffry Kurniawan, Cristian Gonzales, Rafael Maitimo, Iija Spasojevic, Diego Michiles dan masih banyak lainnya.

Adapun pemain naturalisasi yang hingga kini masih bermain bersama timnas Indonesia adalah Beto Goncalves, Stefano Lillipaly dan Ezra Walian.

Beto Goncalves dan Stefano Lilipally membela Timnas di Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018, sedangkan untuk Ezra Walian merupakan pemain Timnas U-22.

Sekedar Informasi, bahwa saat ini Timnas U-22 sedang berjuang di Piala AFF 2019, Kamboja. Namun Ezra tidak bisa tampil bersama Timnas U-22 lantaran tidak mendapat izin dari klubnya.

Selain beberapa pemain yang telah disebutkan tadi, sebenarnya masih banyak lagi pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa, dan menyatakan siap jika dilakukan proses naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Namun tak semua pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa bersedia untuk membela Timnas Indonesia, sebut saja Radja Nainggolan dan Emilio Audero Mulyadi yang hingga saat ini belum menunjukkan minatnya membela Timnas Indonesia.

Meski beberapa pemain tersebut belum berminat membela Timnas Indonesia, namun ada juga kok beberapa pemain keturunan Indonesia yang menyatakan minat ingin membela Timnas Indonesia. Siapa saja dia?

1. Sandy Walsh

1. Sandy Walsh Sandy Walsh (tribunnews.com)

Sandy Walsh merupakan pemain asal Brussel, Belgia yang mempunyai keturunan Indonesia. Pemain ini tak pernah ketinggalan saat Timnas Indonesia sedang bertanding. Mulai dari memposting status di media sosialnya hingga menyaksikan laga Timnas Indonesia di layar kaca.

Tak hanya itu, Sandy Walsh juga sering memposting hal-hal yang berbau Timnas Indonesia. Bahkan alat-alat yang ia pakai seperti pelindung kaki, memiliki lambang Garuda.

Jika PSSI memanggil dia, bukan tidak mungkin Sandy Walsh akan berseragam Timnas Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"