Cintaku Terhalang Weton, Gimana Sih Cara Ngitungnya?

Cintaku Terhalang Weton, Gimana Sih Cara Ngitungnya?

Masih banyak orang Jawa yang percaya pada weton untuk mencari jodoh. Setidaknya banyak orang tua yang tidak merestui hubungan asmara anaknya karena masalah weton ini.

Apa keluargamu yang termasuk percaya weton gengs? Wah, harus dihitung dulu nih biar kamu gak patah hati pas mau dikenalin ke orang tua.

Weton masih digunakan masyarakat jawa (economist.com)

Percaya atau tidak, weton adalah kebiasaan yang digunakan oleh orang jawa untuk memprediksi nasib sebuah pernikahan. Apakah berhasil atau tidak sebuah mahligai rumah tangga, sudah ditentukan sejak awal dengan kecocokan weton.

Weton ini sebenarnya adalah hari lahir seseorang. Berupa tanggal dan hari pasaran (tanggal pasaran dalam jawa). Hari pasaran ini ada pahing, wage, kliwon, pon dan legi.

Kalender jawa terdiri dari 7 hari dan lima hari pasaran. Perayaan weton setiap 35 hari sekali. Keberadaan kalender Jawa, diduga dimulai dari adanya Kalender Saka yang terbawa dengan menyebarnya agama Hindu di Pulau Jawa. Bekisar pada awal Masehi. Kalender Saka sendiri dimulai pada 78 Masehi.

Sekarang mari kita coba menghitung. Pertama kamu harus tahu tanggal dan hari lain. Baik kamu maupun pasangan. Juga hari pasarannya, cek aja di google ya.

Tabel Neptu (borobudurnews.com)

Kalau udah ketemu catat angkanya. Misal kamu senin pahing dan pasangan minggu legi. Berati (4+9)+(5+5)=13+10=23. Hasilnya Tinari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"