Cara Menggunakan Gratitude Journal

Cara Menggunakan Gratitude Journal

Mungkin kamu bertanya, “Tapi buat apa?”. Kalian, apakah kamu ingin menjadi orang yang lebih bahagia? Menurut penelitian, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kebahagiaanmu adalah dengan menjadi orang yang penuh rasa syukur. Tapi hidupku sangat susah, apa yang bisa aku syukuri? Sebenarnya, apapun kondisi hidup kita saat ini, kita selalu bisa memilih untuk bersyukur. Faktanya, banyak hal yang dapat disyukuri dalam hidup ini. Walaupun demikian, rasa syukur, sama dengan sifat-sifat baik lainnya, haruslah dilatih. 

Apa sih gratitude journal? Gratitude journal adalah sebuah buku harian di mana kamu secara teratur mencatat berbagai macam hal yang kamu syukuri. Dengan cara ini, kamu dapat berlatih untuk menjadi lebih penuh rasa syukur.

Jadi, bagaimana cara melakukannya? Ayo cari tahu!

1. Cari Waktu

1. Cari Waktu Cari Waktu (safaraf.com)

Ketika kamu mencoba untuk memulai, mungkin kamu sudah merasa bingung. Apa yang harus aku tulis? Kapan waktu yang tepat untuk menulis? Selalu ada saja hal lain yang harus dilakukan dan mungkin kita juga merasa tidak terinspirasi untuk menulis. 

Kalian, rasa syukur seharusnya dirasakan dari hati. Dan waktu paling baik untuk merasakannya adalah ketika kita dapat merenungkannya sendiri, jauh dari gangguan. Tergantung dari jadwal harian kita, mungkin salah satu waktu paling baik untuk menulis adalah di pagi hari atau pada malam hari sebelum kita tidur. Tapi, kapanpun waktu yang kamu pilih, waktu paling baik untuk memulai adalah sekarang juga. 

Jangan khawatir, Kalian! Gratitude Journal milik KALM sudah didesain dengan pertanyaan-pertanyaan yang ringkas. Kamu hanya butuh waktu 5 menit untuk melakukannya. 

2. Atur Suasana

2. Atur Suasana Atur Suasana (kalibrr.com)

Suasana yang sempurna bisa memberimu kesempatan menjernihkan pikiran dan mengenali emosi dan perasaan dengan lebih jelas. Kita bisa mendapatkan suasana ini dengan memutar musik, menyalakan lilin-lilin, atau dengan berendam. Sekadar pergi ke kafe favoritmu juga bisa memberikan suasana yang dibutuhkan. 

3. Tidak Ada yang Terlalu Kecil

3. Tidak Ada yang Terlalu Kecil Tidak Ada yang Terlalu Kecil (imgur.com)

Selembar kertas dan sebuah pen adalah yang kamu butuhkan, tetapi kenapa tidak mencatat secara digital? 

Mempunyai jurnal digital adalah salah satu cara baik untuk menulis apapun yang muncul di pikiran kita. Kita bisa memutuskan untuk menulis kapanpun, di manapun, dan yang paling penting lagi - kapan kita mau.

Ketika kamu bertanya kepada dirimu sendiri, “Hal apa yang aku syukuri?” jangan membatasi diri dengan hanya hal-hal besar. Hal-hal kecilpun dapat menjadi berarti. Mungkin sebelumnya kamu tidak peduli dengan hal-hal tersebut; Apakah itu seseorang, sesuatu, atau sekadar perasaan positif saat ini. 

Contoh hal-hal yang bisa kita syukuri: rekan kantor yang sangat menolongmu hari ini, kue yang super enak itu, atau bahkan kenyataan bahwa kita bisa mendapatkan begitu banyak informasi dengan sangat mudah lewat Internet! Ada banyak hal yang sebenarnya dapat kita tulis! Dari hal yang remeh hingga penting, spesifik atau umum. Semua hal baik pantas mendapatkan tempat di jurnal kita! Dan setiap hal kecil yang kamu syukuri dapat membantumu untuk mendapatkan pencerahan, yakni betapa kamu sangat diberkati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"