Cara Mengatur Keuangan Setelah Lebaran, Biar Dompet Gak Kosong Lagi

Cara Mengatur Keuangan Setelah Lebaran, Biar Dompet Gak Kosong Lagi

Lebaran sudah berlalu. Saat momen Lebaran sudah pasti banyak pengeluaran. Bisa-bisa uang THR yang didapatkan sebelum Lebaran sudah habis dalam sekejap. Cara mengatur keuangan setelah Lebaran harus dilakukan. Jangan sampai uang bukannya bertambah malah terus berkurang jika tidak hati-hati. Berikut cara mengatur keuangan setelah Lebaran.

Catat Pengeluaran

Meskipun Lebaran sudah lewat, sebenarnya yang harus dilakukan di awal adalah mencatat semua pengeluaran yang dihabiskan selama Lebaran. Dengan pengeluaran yang tercatat, kita akan mengetahui berapa sisa uang yang kita keluarkan untuk membiayai keperluan selama Lebaran.

Jangan salah lho kalau habis Lebaran hidup tetap berjalan dan butuh uang. Jika pengeluaran saat Lebaran cukup banyak maka kita bisa mengurangi pengeluaran uang setelah Lebaran. Jadi usahakan saat Lebaran semua pengeluaran tercatat.

Cara Mengatur Keuangan Setelah Lebaran (TribunNews.com)

Cek Kondisi Keuangan

Cara mengatur keuangan setelah Lebaran selanjutnya adalah dengan memeriksa atau mengecek berapa jumlah uang yang kita miliki. Setelah mengecek pengeluaran, sisa uang yang kita punya bisa digunakan untuk pengeluaran setelah Lebaran yang tidak besar.  Kalau jumlah uang sedikit, maka pengeluaran harus dikurangi setelah Lebaran.

Buat Perencanaan

Perencanaan harus dibuat dalam menyusun anggaran. Kalau pun uang yang dimiliki tidak besar, kita harus bisa merencanakan pengeluaran. Misalnya membuat prioritas pengeluaran-pengeluaran apa saja yang harus diutamakan atau bisa ditunda untuk sementara waktu.

Pengeluaran Dibatasi

Setelah banyak pengeluaran setelah Lebaran, otomatis kita perlu berhemat atau membatasi pengeluaran. Tidak semua uang yang kita miliki harus dikeluarkan untuk membiayai keperluan, sebaiknya sebagian dialihkan untuk ditabung atau membayar cicilan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"