Cara Mencegah Kecelakaan Karena Mobil Selip

Cara Mencegah Kecelakaan Karena Mobil Selip

Mobil selip bisa sangat berbahaya dan telah menyebabkan banyak kecelakaan dan kematian. Sebagian besar mobil tergelincir saat jalanan licin atau saat berada di kecepatan tinggi. Saat permukaan jalan licin, gesekan antara ban dan jalan berkurang. Hal ini menyebabkan berkurangnya traksi pada ban dan lebih mudah kehilangan kendali. 

Mengelilingi tikungan terlalu cepat atau bermanuver melewati belokan dapat menyebabkan mobil selip. Saat kamu mencoba untuk memperbaiki kendaraan, roda belakang bereaksi lebih cepat dari depan. Mobil akan tergelincir alih-alih memperbaiki dirinya sendiri.

Sebelum kamu berbelok, kamu harus mempersiapkannya. Mulai pengereman untuk memperlambat sebelum belokan. Sekitar setengah putaran, mulailah berakselerasi. Jika kamu berakselerasi terlalu dini, kamu bisa mulai tergelincir.

Penyebab lain dari selip adalah ban yang buruk. Ban mungkin botak atau mungkin kehilangan tapaknya. Ini juga akan mengurangi traksi, dan dapat menyebabkan penyaradan. Jika kamu mengerem dengan sangat keras dan tiba-tiba, hal ini dapat menyebabkan banmu terkunci, yang juga akan menyebabkan selip. 

Cara Mencegah dan Mengendalikan Mobil Selip

Kondisi mobil Rendy Kjaernett setelah kecelakaan (matamata.com)

Apa pun penyebab selip, ada cara untuk mencegah serta mengontrol  mobil agar tak mengalami hal-hal yang tak diinginkan.

Mobil yang lebih baru memiliki teknologi anti selip yang terpasang, seperti rem anti penguncian dan kontrol stabilitas. Sistem komputer ini akan membantu mengarahkan mobil Anda jika terjadi selip dengan mengerem beberapa roda dan mengirimkan tenaga ke roda lainnya. Berikut adalah beberapa tips mencegah selip mobil.

1. Pelan-pelan

Jika cuaca menyebabkan jalan menjadi berbahaya dan licin, memperlambat kecepatan adalah langkah yang paling cerdas. Semakin cepat kamu melewati jalan licin, semakin besar kemungkinan kamu terpeleset dan tergelincir. Konsentrasi adalah kunci saat cuaca buruk, sehingga kecepatan yang lebih lambat akan memungkinkanmu untuk lebih fokus pada jalan.

2. Kendalikan Kemudi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"