Cara Hemat Jadi Anak Kos, Gak Perlu Deg-degan kalau Akhir Bulan

Cara Hemat Jadi Anak Kos, Gak Perlu Deg-degan kalau Akhir Bulan

Anak kos biasanya tinggal jauh dari keluarga karena harus kuliah di luar kota. Masalah besar yang biasanya dialami anak kos adalah soal keuangan. Tidak sedikit anak kos yang merasa uangnya cepat habis pada pertengahan bulan sementara kiriman uang dari orangtua biasanya datang pada awal bulan berikutnya. Makanya cara hemat jadi anak kos perlu dilakukan lho.

Langkah pertama untuk melakukan cara hemat adalah mencatat semua pengeluaran. Dengan mencatat pengeluaran biasanya seseorang akan mengetahui apa saja pos-pos pengeluaran yang dianggap berlebihan. Makanya pada bulan berikutnya, pengeluaran yang berlebihan bisa dikurangi. 

Mencatat pengeluaran tiap bulan juga bisa disesuaikan dengan jumlah kiriman dari orangtua tiap bulannya. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Syukur-syukur masih ada uang kiriman yang tersisa sehingga bisa ditabung untuk membeli barang-barang yang kamu mau.

Cara Hemat Jadi Anak Kos (Pewarta Nusantara)

Cara hemat jadi anak kos yang bisa dilakukan adalah mengatur pengeluaran soal makanan. Tak dipungkiri biaya makan anak kos cukup besar karena jauh dari keluarga, mau tidak mau anak kos harus makan di luar dengan harga yang tak murah. Coba atur strategi dengan sering membuat makanan sendiri tanpa harus jajan di luar.

Misalnya menyiapkan makanan-makanan cepat saja seperti roti tawar, sosis, telur, nugget, hingga mi instan. Misalnya untuk sarapan kamu bisa makan roti untuk mengisi perut, pada siang hari makan sosis, menggoreng telur, atau nugget, begitu juga dilakukan saat malam hari. Kamu cukup memasak nasi atau membeli nasi di luar dengan harga murah.

Memasak makanan di kos-kosan akan mengurangi kebiasaan jajan di luar. Misalnya anak kos yang sering makan di kantin kampus. Cobalah sesekali membawa bekal ke kampus dengan menu yang sederhana tadi. Gak usah malu untuk membawa bekal. Kamu bisa makan bekal di kelas sambil menunggu dosen datang kan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"