Butuh Waktu Dua Bulan untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kita?

Butuh Waktu Dua Bulan untuk Mengubah Kebiasaan Buruk Kita?

Kita semua punya kebiasaan kita masing-masing. Entah baik atau buruk, kalo udah biasa mah kadang sulit untuk berubah ya.

Mulai dari kebiasaan makan makanan gak sehat, gak pernah olahraga, atau merokok. Itu semua dianggap sebagai kebiasaan buruk sih. Apa kamu pengin mengubah kebiasaan ini?

Pengin mengubah kebiasaan malas kamu? Berapa lama sih? (lifehack.org)

Banyak orang yang bilang kebiasaan itu bisa diubah dalam waktu 21 hari doang. Hal ini pernah diungkap dalam penelitian tahun 1960 yang dilakukan oleh Maxwell Maltz .

Saat itu, Maltz bercerita bahwa pasien operasi plastiknya tuh butuk waktu 21 hari agar terbiasa dengan wajah baru mereka.

Tapi, penelitian terbaru justru mengungkap bukan segitu waktunya. Menurut studi tahun 2009, ternyata butuh waktu lebih dari 21 hari gengs untuk mengubah kebiasaan kita.

Para peneliti dari University College London, Inggris, pernah meriset 96 orang selama 12 minggu. Mereka menemukan bahwa kebiasaan orang-orang yang mereka teliti itu berubah setelah ... 66 hari!

Dalam 66 hari kalian bisa mengubah kebiasaan buruk (medicaknewstoday.com)

Akan tetapi, rentang waktu mengubah kebiasaan itu bisa jadi berbeda-beda untuk setiap orang sih. Ada yang bisa berubah dalam tempo 18 hari, ada juga yang 254 hari.

Namun, seperti dikutip dari Science Alert, mengubah kebiasaan tuh butuh waktu sekitar dua bulan lamanya. Yang penting konsisten dan jangan menyerah pada minggu ketiga atau keempat.

Mengubah kebiasaan buruk berkaitan dengan menghilangkan kebiasaan lama kita. Soalnya, hal ini emang kayak dua sisi koin. "Menghilangkan kebiasaan lama berarti membuat sebuah kebiasaan baru," kata psikolog Timothy Pycyl.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"