Bunga Edelweis Dilarang Dipetik di Gunung, Ternyata Ini Alasannya

Bunga Edelweis Dilarang Dipetik di Gunung, Ternyata Ini Alasannya

Bunga edelweis  merupakan jenis tumbuhan yang berada di dataran tinggi. Biasanya edelweis dapat ditemukan di beberapa gunung  yang ada di Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah edelweis di kawasan Gunung Gede, Jawa Barat.

Para pendaki gunung sebenarnya sudah dilarang untuk jangan sekali-kali mencoba memetik edelweis, meskipun kadang ada saja tangan-tangan jahil yang mencoba mengambil edelweis karena terpukau dengan keindahannya.

Dilansir dari Suara. sudah ada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 Ayat 1 dan Ayat 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem terkait edelweis ini. Nah berikut ini ada 5 alasan kenapa bunga indah ini dilarang dipetik.

Bunga Edelweis di Gunung Gede (Liputan6.com)

1. Sudah Ada Undang-Undang

Seperti diketahui sudah ada Undang-Undang menyangkut larangan memetik edelweis. Jadi jangan pernah sesekali mencoba menambil karena bisa dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 100 juta.

2. Bunga Abadi

Edelweis masuk dalam jenis bunga abadi karena memiliki waktu mekar yang cukup lama. Edelweis mekar dalam waktu selama 10 tahun. Bunga ini tidak mudah layu dan alami kerontokan. Edelweis memiliki cara untuk bertahan hidup di daerah dengan udara yang dingin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"