Buat Nambah Wawasan Kamu, Simak Nih 9 Fakta Menarik tentang Bumi

Buat Nambah Wawasan Kamu, Simak Nih 9 Fakta Menarik tentang Bumi

Bumi adalah rumah kita. Ada yang nganggep bulat, ada juga yang datar. Itu pilihan kalian. Tapi sebenernya, bumi kita juga menyimpan banyak misteri yang menunggu untuk diketahui para penghuninya.

Kalo kalian emang penghuni bumi, kalian wajib tau nih fakta-fakta unik soal bumi. Soalnya, deretan fakta ini belom atau nggak pernah diajarkan di sekolah kamu.

Yaudah, kuylah disimak, gengs!

Bumi kita, rumah kita (mashable.com)

1. Menurut para ilmuwan, Bulan terbentuk oleh tabrakan planet dengan objek besar lainnya. Nah, tabrakan itu mengakibatkan terbelahnya sepotong kecil bumi. Kemudian Bulan terbentuk dan menjadi satelit bumi.

2. Medan magnet bumi itu dilihat sebagai sesuatu yang konstan. Tapi sebenernya hal itu terus berubah loh. Menurut para ilmuwan nih, medan magnet telah bergerak sekitar 600 mil semenjak abad ke-19. Pusatnya kini berada di belahan bumi selatan, persisnya di atas Samudra Hindia.

Gerakan medan magnet ini akan meningkat tiap tahunnya. Ketika udah sampe puncaknya nih, gerakan medan magnet akan melambat lagi.

Ilustrasi gravitasi di Teluk Hudson, Kanada (siamagazin.com)

3. Bumi emang gak pernah terlihat bulat sempurna. Jadi, massanya tidaklah merata. Nah, perbedaan massa itu membuat naik-turunnya gravitasi di berbagai tempat di Bumi. Buktinya? Kalian perlu bukti nih?

Coba liat di Google Teluk Hudson, Kanada. Di sana gravitasinya lebih rendah loh daripada tempat lain di dunia.

4. Cepat atau lambat, Bumi bakal punya dua satelit nih. Kok bisa? Karena menurut penelitian, ada benda kosmik lain yang sedang berputar mengelilingi Bumi.

Objek itu bukanlah benda yang sama dengan Bulan. Makanya, mungkin benda itu hanya akan menjadi satelit sementara.

Kenapa bisa begini? Kata para ilmuwan, gravitasi Bumi kadang menarik asteroid besar dan terus mengikuti planet kita untuk beberapa waktu. Kalo udah sekitar 3 putaran, mereka cabut dan kembali mengambang ke entah berentah di luar angkasa lagi deh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"