Benarkah Kotoran Saat BAB Di Toilet Kereta Bakal Langsung Jatuh Ke Rel? Gini Penjelasan PT. KAI

Benarkah Kotoran Saat BAB Di Toilet Kereta Bakal Langsung Jatuh Ke Rel? Gini Penjelasan PT. KAI

Belakangan netizen ramai mempertanyakan tentang saluran pembuangan kotoran manusia di toilet kereta api. Hal ini bermula setelah viral unggahan seorang penumpang di TikTok, yang memperlihatkan dirinya buang air besar (BAB) di toilet kereta.

Dia lantas merasa gelisah dan khawatir kalau kotorannya akan langsung jatuh ke rel kereta api. "Ketika lu kebelet pup di wc kereta, tapi malah kereta mendadak berenti distasiun. Gelisah kalo disiram langsung jatoh ke bawah gak sih," kata netizen tersebut.

Sontak saja, banyak netizen yang kemudian ikut mempertanyakan hal yang sama. Ada netizen yang memberikan kesaksian kalau dia pernah menemukan kotoran di rel. Selain itu, sejumlah netizen mengatakan kalau penumpang tidak diperbolehkan untuk BAB di toilet kereta. Benarkah demikian?

Postingan Netizen Soal BAB Di Toilet Kereta (TikTok)

Terkait hal ini, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya memberikan jawaban. VP Public Relation KAI, Joni Martinus menjelaskan semua toilet yang dioperasikan PT KAI sudah menggunakan konsep toilet ramah lingkungan (TRL) sejak tahun 2010 silam.

Sehingga, kotoran itu tidak dibuang ke jalur kereta api, melainkan tersimpan di dalam penampungan dan dibersihkan secara berkala. Penampungan itu juga diberi mikroba pengurai sehingga saat keluar dari bak, kotorannya sudah berbentuk cairan dan tidak berbau busuk. 

"Pelanggan, dapat buang air kecil ataupun buang air besar di toilet kereta api, baik dalam keadaan berhenti maupun berjalan," ungkap Joni yang dikutip dari Kompas.com. Toilet di kereta juga secara rutin dicek oleh petugas kebersihan selama perjalanan, sehingga penumpang dijamin tetap nyaman. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"