Benarkah Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman? Begini Penjelasan Arkeolog

Benarkah Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman? Begini Penjelasan Arkeolog

Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Beberapa tahun lalu, heboh bahwa Mahakarya warisan leluhur berupa candi terbesar di Indonesia yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia itu merupakan peninggalan Nabi Sulaiman AS.

Hal itu sebagaimana diuraikan Matematikawan dan pendakwah Islam KH Fahmi Basya. Dalam bukunya "Matematika Islam 3", Fahmi menyebut ada sejumlah ciri bahwa Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman.

Misalnya aja hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan banyak arugemn lainnya.

Ia juga memaparkan ada hal-hal yang tidak mampu dilakukan manusia, yang mengindikasikan hanya Nabi Sulaiman yang memiliki kuasa terkait keberadaan Borobudur.

Candi Borobudur (Pikiran Rakyat)

Dalam Al-Qur'an, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya.

Menurut Fahmi Basya, terdapat beberapa simbol yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Al-Qur'an.

Pertama, adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada putranya, Nabi Sulaiman.

Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tongkat Musa. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

Sementara, informasi lain yang dikutip dari laman Kemendikbud.go.id, staf Balai Konservasi Borobudur, Hari Setyawan diwawancarai Sekolah Tinggi Multimedia (MMTC) Yogyakarta terkait argumen Fahmi tersebut.

Hari yang juga seorang arkeolog itu mengetahui beberapa hal tentang metode penelitian yang terkait dengan situs purbakala dan menanggapi berita tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"