Benarkah Baper Dan Nangis Nonton Drakor Bisa Bikin Puasa Batal? Gini Penjelasan Ulama

Benarkah Baper Dan Nangis Nonton Drakor Bisa Bikin Puasa Batal? Gini Penjelasan Ulama

Berikut penjelasan ulama tentang hukum menangis saat nonton drama Korea (drakor) ketika puasa. Sambil menunggu waktu berbuka, banyak dari kamu yang memilih untuk memanfaatkan waktu untuk menonton film atau drakor. Namun seringkali tanpa sadar kita menangis.

Kita ikut terbawa perasaan atau baper apalagi saat muncul adegan sedih. Lantas bagaimana hukumnnya? Benarkah menangis bisa membatalkan puasa? Mengenai ini, Ustaz Abdul Somad atau UAS sempat memberikan penjelasan dalam sebuah kajian yang diunggah ulang di YouTube.

"Ada orang yang berkeyakinan, asal masuk ke rongga itu batal puasanya. Rongga hidung, rongga telinga, rongga mata," kata UAS. "Pak Ustaz menangis batal tidak puasanya?" tanya UAS melihat pertanyaan dari seorang jamaah.

Ilustrasi Nonton Sambil Nangis (KlikDokter)

Ditanya seperti itu, Ustaz Abdul Somad menegaskan bahwa menangis sama sekali tidak membatalkan puasa kita. Dia pun berseloroh tentang menangis yang membatalkan puasa adalah nangis sambil minum es teh.

"Menangis tidak batal," tegas Ustaz Abdul Somad. "Tapi ada kata kawan saya menangis itu bikin batal? Nangis sambil minum es teh baru batal. Atau istri menangis ke suami kamu tuh ya," lanjut Ustaz Abdul Somad yang disambut tawa.

Senada dengan Ustaz Abdul Somad, Cendekiawan Muslim Quraish Shihab juga mengatakan menangis tanpa sebab apapun tidak bisa disebut membatalkan puasa. Sebaliknya, menangis justru dikatakan sebagai perkara yang bisa menambah pahala.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"