Begini Keseharian Alumni ITB yang Jadi Gelandangan Saat Masih Kuliah

Begini Keseharian Alumni ITB yang Jadi Gelandangan Saat Masih Kuliah

Seorang pria berusia 46 tahun, Enuh Nugraha bikin heboh. Pasalnya Enuh saat ini hidup memprihatinkan dengan menjadi gelandangan. Kabar ada alumni ITB jadi gelandangan mengusik hati warganet. Enuh adalah mahasiswa angkatan 1997 yang mengambil jurusan Teknik Kelautan.

Ternyata banyak teman-teman semasa kuliah Enuh yang mengenang sosoknya saat masih kuliah dulu. Melansir dari detikjabar, salah satu teman kuliahnya bernama Irfan Kusuma menyebut Enuh adalah sosok mahasiswa yang pendiam dan tak banyak bicara. Bahkan Enuh tidak aktif dalam kegiatan kemahasiswaan karena membatasi pergaulannya.

Walaupun tak banyak bicara dan pendiam, bukan berarti Enuh tidak cerdas. Justru banyak teman kuliahnya yang sering bertanya tentang materi kuliah kepadanya. Dalam mata kuliah tertentu, Enuh sangat menonjol. Tetapi setelah Enuh lulus dari ITB, teman-temannya kehilangan jejak dan tak tahu keberadaan Enuh.

Enuh Nugraha Alumni ITB Jadi Gelandangan (YouTube Sinau Hurip)

Banyak yang mencari Enuh Nugraha setelah lulus. Saat pertemuan alumni ITB Enuh tidak pernah datang. Barulah saat sebuah kanal YouTube Sinau Hurip muncul. Enuh sudah berubah dan membuat teman-teman kuliahnya dulu pangling. Penampilan Enuh kusam dan tidak seperti Enuh yang mereka kenal.

Saat ditemukan, Enuh sedang berada di Jalan Raya Lingkar Demak, Jawa Tengah. Sebelum sampai di Demak, ternyata Enuh sempat tinggal berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Enuh sampai tahun 2006 berada di Bandung, namun kemudian pindah ke Sumedang, Jawa Barat hingga Cianjur, Jawa Barat. 

Dalam kanal YouTube Sinau Hurip, memang saat pertama kali ditemukan Enuh tampil memprihatinkan. Dandanannya lusuh, wajahnya kusam, dan sedang jongkok di pinggir jalan mencari sesuatu. “Lagi nyari mainan anak,” jelas Enuh sambil menghisap rokok. Enuh mengaku berasal dari Bandung dan tidak punya istri dan anak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"