Begini Cara Melamar Jadi Dosen dan Intip Gaji yang Akan Didapatkan

Begini Cara Melamar Jadi Dosen dan Intip Gaji yang Akan Didapatkan

Dosen merupakan pendidik profesional yang mengajar berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan. Bila guru mengajar siswa, dosen mendidik para mahasiswa dan mahasiswi di sebuah perguruan tinggi negeri dan swasta.

Bila tertarik menjadi seorang dosen harus mengetahui cara melamar menjadi dosen. Menjadi dosen tidak cukup hanya lulusan S1 atau sarjana saja karena minimal dosen harus memiliki gelar master atau S2. Dilansir dari deepublish, dosen di perguruan tinggi harus memenuhi kualifikasi akademik.

Dosen tercatat sebagai lulusan program magister untuk program diploma atau sarja dan lulusan program doktor atau program pasca sarjana. Jadi bila ingin mengajar mahasiswa S1 dosen itu harus bergelar S2, sementar bila mau mengajar mahasiswa S2 maka si dosen harus bergelar doktor atau S3.

Dosen Sedang Mengajar (Kompasiana.com)

Contohnya Universitas Indonesia yang sempat membuka lowongan untuk dosen dan memiliki syarat. Misalnya bersedia menandatangani kontrak kinerja dan ikatan dinas maksimal selama 5 tahun sebagai dosen, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, tidak boleh berkedudukan sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, hingga bersedia bekerja penuh waktu di Universitas Indonesia.

Universitas Indonesia membuka lowongan dosen secara online dan mungkin banyak universitas lain yang juga membuka lowongan kerja dosen melalui online, dengan mengirimkan email atau mengisi formulir yang bisa diakses secara online.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"