Begini Asal Usul Danau Toba, Bentuk Kekecewaan Istri Karena Suami Ingkar Janji

Begini Asal Usul Danau Toba, Bentuk Kekecewaan Istri Karena Suami Ingkar Janji

Danau Toba menjadi salah satu wisata populer yang ada di Sumatera Utara. Di samping memiliki wilayah yang asri, Danau Toba juga tak lepas dengan legenda cerita rakyat yang dimilikinya.

Lokasinya sendiri berada di Parapat Sumatera Utara, sehingga membuat danau ini menjadi danau terbesar ketiga di Asia Tenggara.

Banyak orang mengetahui jika danau ini terbentuk karena terbongkarnya rahasia seoran putri yang adalah jelmaan ikan mas.

Dalam dongeng tersebut, diceritakan adanya petani muda bernama Toba yang menghabiskan hidupnya untuk bercocok tanam. Toba sering memancing ikan untuk dijual dan dijadikan bahan lauk.

Suatu hari, Toba ketika asik memancing, ia mendapatkan ikan mas berukuran besar. Tapi tak lama dari hari itu, tiba-tiba ikan mas tersebut berubah menjadi sosok wanita yang cantik. Wanita itu pun menjelaskan jika dirinya adalah seorang putri yang dikutuk.

Asal usul terbentuknya danau toba (kompas.com)

Karena berterima kasih sudah diselamatkan, wanita itu pun bersedia untuk menjadi istri Toba. namun dengan satu syarat bahwa Toba tak diperbolehkan menceritakan asa usulnya kepada siapa pun.

Singkat cerita, kehidupan Toba dan istri yang diberi nama Mina itu berjalan dengan sangat bahagia, hingga memiliki anak bernama Samosir. Samosir tumbuh menjadi pria yang sedikit nakal dan punya nafsu makan yang besar.

Hingga akhirnya, Samosir diminta ibunya mengantarkan makanan untuk Toba. Namun di tengah perjalanan karena merasa lapar, Samosir memakan bekal untuk ayahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"