Beda dengan Pulau Jawa, Benarkah Pulau Kalimantan Bebas dari Gempa Bumi?

Beda dengan Pulau Jawa, Benarkah Pulau Kalimantan Bebas dari Gempa Bumi?

Di akhir tahun 2021 silam Pulau Kalimantan  diguncang gempa bumi  di kawasan Tarakan tepatnya di Kalimantan Utara.Memang getaran gempa itu tak besar hanya sekitar 4,4 SR dan 3,5 SR. Gempa bumi yang terjadi di Kalimantan memang selama ini jarang terdengar.

Biasanya pulau-pulau yang paling sering terkena gempa adalah Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, hingga kawasan Indonesia bagian timur  lainnya. Para warganet pun mengaku tidak pernah tahu jika Kalimantan bisa terkena gempa bumi. “Baru tahu Kalimantan ada gempa,” kata seorang warganet.

Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG menuturkan jika sumber gempa memang bisa terjadi di Kalimantan, misalnya di kawasan Kalimantan bagian utara dan timur. “Hasil monitoring BMKG menunjukan seluruh provinsi Kalimantan pernah terjadi gempa,” ucap Daryono dikutip dari Kompas.com.

Pulau Kalimantan Jarang Gempa Bumi (Tribun Kaltim)

Lalu kenapa Kalimantan berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia yang memiliki kisah gempa bumi yang kelam., misalnya di Sumatera ada gempa bumi Aceh yang memicu Tsunami dan pulau Jawa ketika gempa bumi melanda Yogyakarta.

Kondisi seismisitas Kalimantan relatif rendah dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Misalnya Kalimantan memiliki jumlah struktur sesar aktif yang jauh lebih sedikit daripada pulau lain di Indonesia. 

Kedua, wlayah Kalimantan lokasinya cukup jauh dari zona tumbukan lempeng (megathrust), sehingga suplai enerti yang membangun medan tegangan terhadap zona seismogenik tidak sekuat di pulau lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"