Banten Disebut Jadi Provinsi Paling Tidak Bahagia se-Indonesia, Berikut Faktanya

Banten Disebut Jadi Provinsi Paling Tidak Bahagia se-Indonesia, Berikut Faktanya

Provinsi Banten disebut jadi provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat kebahagiaan warganya paling rendah. Badan Pusat Statistik atau BPS setiap tahun selalu merilis indeks kebahagiaan orang Indonesia. Ternyata Banten berada dalam urutan provinsi yang paling rendah. 

Dikutip laman resmi BPS, survei untuk menentukan tingkat kebahagiaan tidak hanya dilakukan sekali. Namun telah dilakukan beberapa kali. Maka dari itu perhitungan indeks kebahagiaan tahun 2017-2021 berbeda dengan metode tahun 2014.

Indikator kebahagiaan tahun 2017-2021 yang dilakukan BPS menggunakan tiga dimensi yang mencakup kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Sementara metode sebelumnya hanya diukur melalui satu dimensi yaitu kepuasan hidup (life satisfaction).

Banten Disebut Jadi Provinsi Paling Tidak Bahagia se-Indonesia, Berikut Faktanya (BantenHits)

Indikator kebahagiaan tahun 2017-2021 yang dilakukan BPS menggunakan tiga dimensi yang mencakup kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Sementara metode sebelumnya hanya diukur melalui satu dimensi yaitu kepuasan hidup (life satisfaction-red).

BPS mengungkapkan Provinsi yang memiliki indeks bahagia paling rendah di Indonesia adalah Banten dengan angka kebahagiaan 68,08. Angka ini berada di bawah Papua dengan skor 69,87. Sementara ibukota DKI Jakarta menduduki peringkat 10 besar provinsi indeks kebahagiaan terendah dengan angka 70,68.

Di sisi lain, Provinsi dengan Indeks Kebahagiaan paling tinggi adalah Maluku Utara dengan perolehan skor 76,34. Gubernur Banten Wahidin Halim menyebutkan ada berbagai faktor yang menyebabkan Banten dilabeli provinsi paling tidak bahagia di seluruh Indonesia. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"