Apakah Pesawat Terbang Punya Klakson? Yuk Cek Faktanya

Apakah Pesawat Terbang Punya Klakson? Yuk Cek Faktanya

Pesawat terbang  merupakan jenis transportasi udara yang mengantarkan penumpang sampai tujuan. Biasanya yang namanya alat transportasi memiliki klakson  seperti bus, kereta api, atau kapal laut. Kira-kira pesawat terbang punya klakson nggak ya? Yuk cek dulu faktanya.

Memang dibandingkan alat transportasi yang lain, pesawat terbang sangat jarang terdengar bunyi klakson saat akan terbang di udara, atau mendarat. Makanya mayoritas penumpang pesawat menduga bahwa pesawat terbang tidak memiliki klakson.

Dilansir dari Kompas.com, salah seorang pilot dari maskapai penerbangan KLM Royal Dutch Airlines mengatakan bahwa pesawat memiliki alat yang berfungsi seperti klakson tapi tidak digunakan pilot untuk mengingatkan pesawat di depannya ketika akan melakukan proses terbang.

Apakah Pesawat Terbang Punya Klakson, Yuk Cek Faktanya (Tribunnews)

Menurut sang pilot yang bernama Christa Kloosman mengatakan bahwa pesawat memiliki tombol panggilan darat atau biasa disebut ground call button yang mirip dengan klakson. Timbol panggilan darurat itu ukurannya kecil dan berada di panel atas kokpit pesawat bertuliskan GRD CALL atau GND.

Fungsi tombol itu adalah memanggil seseorang di pelataran pesawat khususnya saat situasi darurat. Tombol itu sering digunakan oleh kru di darat ketika melakukan pemeliharan kokpit. Biasanya pilot menekan tombol itu untuk memanggil bagian engineer pesawat yang sedang memperbaiki mesin.

Bunyi tombol itu sangat kecil terdengarnya. Apalagi jika dinyalakan bersamaan dengan mesin pesawat yang besar. Kemungkinan bunyi tersebut tidak akan terdengar karena sudah tertutup dengan suara mesin pesawat yang sangat besar terdengar.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"