Apa yang Menyebabkan Seseorang Jadi Kelihatan Bodoh saat Jatuh Cinta?

Apa yang Menyebabkan Seseorang Jadi Kelihatan Bodoh saat Jatuh Cinta?

Jatuh cinta adalah pengalaman yang pasti pernah dirasakan semua orang. Bisa cuma sekali, atau bahkan lebih. Ketika jatuh cinta pada seseorang, perasaan jelas jadi lebih berbunga-bunga gitu deh.

Karena hatinya sedang berbunga-bunga, gak heran deh kalo orang yang lagi jatuh cinta itu bakal senyum-senyum sendiri. Bahkan orang-orang juga bilang kalo orang jatuh cinta tuh jadi kelihatan bodoh. Kenapa bisa begitu ya?

Bukannya tanpa alasan, sebab Robin Dunbar, ahli psikologi dari Oxford Uniersity mengatakan ada penjelasan ilmiahnya. Katanya, jatuh cinta akan menutup bagian rasional dari otak manusia.

Jadi, apa yang menyebabkan seseorang jadi kelihatan bodoh saat jatuh cinta? Cewek atau cowok pasti mengalami hal yang sama. Simak deh nih ulasannya seperti dikutip dari Psychology Today.

1. Dipengaruhi korteks frontal

1. Dipengaruhi korteks frontal Penyebab jatuh cinta jadi bodoh (elitedaily.com)

Alasan kenapa orang jatuh cinta kelihatan bodoh adalah karena otak manusia akan terstimulasi untuk mengaktifkan sistem reproduksi. Hal ini berdampak pada kerja bagian korteks frontal di otak. Bagian itu bertugas untuk membuat keputusan. 

Saat jatuh cinta, bagian itu akan berhenti sementara. Makanya, orang jatuh cinta akan 'tumpul' dan sulit membuat keputuan logis. Apalagi kalo terkait pujaan hati.

2. Fungsi kognitif terganggu

2. Fungsi kognitif terganggu Penyebab jatuh cinta jadi bodoh (bonobology.com)

Namanya juga lagi jatuh cinta, cewek pasti bakal mikirin cowok yang bikin jatuh cinta itu terus deh. Begitu pula sebaliknya. Dan hal itulah yang membuat sebagian energinya habis buat memikirkan orang itu.

Oleh karena itu, fungsi kognitif seseorang untuk multitasking juga akan terganggu. Fungsi kognitif yang terganggu itu juga berpengaruh pada kurangnya fokus seseorang. Hufff ....



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"