Anti Pamer Harta! 5 Konglomerat Indonesia yang Hidup Sederhana

Anti Pamer Harta! 5 Konglomerat Indonesia yang Hidup Sederhana

Di Indonesia banyak orang kaya yang memiliki harta puluhan bahkan ratusan triliun. Namun meski mendapatkan predikat sebagai konglomerat, namun mereka sebagai konglomerat hidup sederhana. Sosok yang rendah hati tak pernah pamer kekayaan menjadikan mereka inspirasi bagi orang lain. Siapa saja konglomerat yang terkenal hidup dengan kesederhanaan?

Jusuf Hamka

Siapa yang tak kenal dengan Jusuf Hamka? Pria keturunan Tionghoa yang jadi mualaf ini memiliki kisah hidup unik. Padahal Jusuf Hamka dikenal sebagai bos atau pengusaha jalan tol. Justru harta banyak yang dimiliki tak menjadikan dirinya sombong.

Dalam beberapa kesempatan Jusuf Hamka menunjukkan kesederhanaan. Misalnya makan di pinggir jalan, pakai tali rafia sebagai ikat pinggang, beli barang di pasar loak, dan masih banyak lagi contohnya. Jusuf Hamka pun membangun masjid dan suka membantu sesama yang kekurangan.

Konglomerat yang Hidup Sederhana (Suara.com)

Michael Bambang Hartono

Dari namanya saja pasti sudah tahu jika sosok Michael Bambang Hartono adalah konglomerat di Indonesia. Ia sempat jadi orang terkaya di Indonesia selama beberapa tahun. Ia diketahui memiliki perusahaan rokok Djarum, Bank BCA, dan bisnis lainnya.

Beberapa waktu lalu Michael Bambang Hartono sempat viral setelah foto dirinya sedang makan di warung sederhana Tahu Pong yang bikin warganet kagum dengannya. Pakaian yang ia kenakan juga sederhana. Ternyata orang kaya ini memang lebih senang makan di tempat makan sederhana untuk membantu perekonomian masyarakat kecil.

Armand Hartono 

Berikutnya ada Armand Hartono. Ia adalah keponakan dari Michael Bambang Hartono. Armand Hartono adalah anak dari Robert Budi Hartono yang masuk dalam jajarang konglomerat di Indonesia. Berasal dari keluarga yang kaya raya, namun Armand Hartono menunjukkan kesederhanaannya.

Misalnya saja ia sempat memakai sepatu yang jebol yang dilakban untuk menutupi bagian sepatu yang rusak. Lalu saat tidur malam dia menghemat listrik dengan tidak memakai AC sepanjang malam. Dan sering makan siang bersama karyawan lain di kantin karyawan di kantor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"