Aneka Resep Donat Kentang Ala Anak Kos, Gampang dan Yummy!

Aneka Resep Donat Kentang Ala Anak Kos, Gampang dan Yummy!

Bikin donat kentang itu gampang loh. Yuk bikinin pacar donat kentang biar doi makin suka.

Kalian pasti udah pernah makan donat dong. Kue ini terkenal dengan lubang di tengahnya. Biasanya ada tambahan toping yang bikin rasanya tambah enak.

Sekarang donat berbahan kentang juga lagi hype. Rasanya tu lebih gurih daripada donat biasa.

Donat kentang (panduanibu.com)

Sebenernya kalian nggak harus beli loh. Kalian bisa bikin sendiri di rumah. Caranya juga nggak susah. Yuk coba bikin donat kentang pake resep-resep di bawah ini.

1. Resep donat kentang untuk pemula

1. Resep donat kentang untuk pemula Donat kentang pemula (indonesianfoods313.blogspot.com)

Bahan-bahannya:

- 2 kuning telur
- 1 sendok makan mentega (dicairkan)
- 1 sendok makan gula pasir (ato sesuai selera)
- susu bubuk secukupnya aja.
- 3 buah kentang ukuran sedang (direbus lalu ditumbuk hingga halus)
- 250 gr terigu (kalo kurang boleh ditambahkan sampai adonan nggal lengket di tangan)
- 1/2 bungkus fermipan

Cara membuatnya:

- Campur bahan-bahan dan uleni sampai nggak lengket di tangan sambil dibanting-banting kira-kira 1/2 jam.
- Tutupi pake kain basah sampai ngembang kira-kira setengah jam hingga 1 jam.
- Kalo udah, dicetak lalu digoreng.
- Saat menggoreng, usahain jangan keseringan membolak-balikan donat. Ini biar donatnya nggak berminyak banget. Balik donat kalo warna permuakaannya udah sedikit kecoklatan.
- Angkat, hiasi sesuai selera.

2. Resep donat kentang empuk

2. Resep donat kentang empuk Donat (tokomesin.com)

Bahan-bahannya:

- 50 gram gula pasir
- 15 gram susu bubuk
- 40 gram margarin
- 200 gram tepung terigu
- 100 ml air es
- 1/4 sdt garam
- 100 gram kentang rebus, kupas kulitnya dan haluskan
- 1/2 bungkus ragi instan (kira-kira 5 gram)

- 1/2 sendok teh baking powder
- 4 butir kuning telur

Bahan topping cokelat: 

- meises secukupnya
- 100 gram margarin
- 250 gram cokelat masak

Cara membuat donat:

- Campur tepung terigu, ragi, baking powder, gula dan susu bubuk, aduk rata. Ayak kalo diperlukan.
- Masukkan telur, kentang dan air es sedikit demi sedikit, uleni sampai nggak lengket di tangan.
- Tambahkan margarin dan garam, uleni kembali sampai nggak lengket dan elastis.
- Tutup adonan pake serbet bersih ato plastik selama 15 menit.
- Kempeskan adonan yang sudah didiamkan. Lalu, potong adonan kira-kira 30 gram dan bentuk bulat. Diamkan selama 10 menit.
- Bentuk adonan yang udah ngembang jadi bolong di bagian tengah.
- Letakkan adonan donat di atas loyang yang sudah diolesi dengan tepung terigu tipis. Diamkan selama 1 jam.
- Goreng donat pake minyak panas dengan api sedang.
- Angkat donat kalo udah berwarna kuning kecokelatan.

Cara bikin topping cokelat:

- Tim mentega dan cokelat sampai meleleh.
- Celupkan satu bagian donat di lelehan cokelat. Balik dan taburin meises.
- Tunggu sampai cokelatnya udah dingin dan membeku.
- Kalo udah, donat siap dihidangkan.

Itulah dua resep donat kentang yang enak dan gampang. Gimana gengs, udah siap buat nyoba bikin?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"