Akhirnya Terjawab! Gini Hukum Islam Soal Wudhu Di Kamar Mandi Yang Ada Toiletnya

Akhirnya Terjawab! Gini Hukum Islam Soal Wudhu Di Kamar Mandi Yang Ada Toiletnya

Wudhu  merupakan salah satu syarat sah salat. Setiap Muslim yang akan melaksanakan salat diwajibkan untuk berwudhu. Maka dari itu, tempat berwudhu juga harus diperhatikan untuk menjaga kesuciannya. Seiring dengan hal ini, muncul pertanyaan lantas bolehkah berwudhu di kamar mandi yang terdapat toilet di dalamnya?

Pertanyaan ini terbilang sering membuat banyak orang bertanya-tanya. Sampai akhirnya, Ustaz Abdul Somad  memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Dalam video yang dibagikan ulang akun TikTok @kataustadz.co, sang ulama menganjurkan untuk mengambil wudhu di luar tempat buang air.

Foto: Abdul Somad (Liputan6)

Namun jika tidak memungkinkan atau tidak ada tempat wudhu lainnya, maka boleh berwudhu di dalam toilet tersebut asalkan tidak mengucapkan Bismillah dengan lantang, melainkan hanya boleh bersuara di dalam hati saja.

“Maka, kalau terpaksa juga ambil wudhu di dalam, tapi kalau ada keran di luar, ambil wudhu di luar. Kalau terpaksa juga dan dalam keadaan musafir, tidak ada keran di luar, boleh wudhu di dalam tapi jangan lafazkan Bismillah, di dalam hati boleh,” jelas Ustaz Abdul Somad.

Lebih lanjut, Ustaz Abdul Somad juga menerangkan kalau tidak boleh menyebut lafadz Allah di dalam tempat untuk buang air dan juga buang air besar itu. Bahkan, menjawab salam pun tidak diperbolehkan. Hal ini juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"