7 Harimau Benggala Alshad yang Mati Bisa Bikin Nama Indonesia Tercoreng! Apa Alasannya?

7 Harimau Benggala Alshad yang Mati Bisa Bikin Nama Indonesia Tercoreng! Apa Alasannya?

Sampai saat ini, total sudah 7 harimau Benggala milik YouTuber Alshad Ahmad, yang mati. Padahal, satwa liar ini statusnya terancam punah secara global.

Kematian 7 harimau Benggala sekaligus menimbulkan konsekuensi besar untuk dunia konservasi satwa dan dapat mencoreng nama baik Indonesia.

Harimau Benggala peliharaan Alshad Ahmad (sewaktu.com)

Gono Semiadi, Peneliti Pusat Riset Zoologi Terapan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) mengungkapkan bahwa meskipun status harimau Benggala tidak dilindungi di Indonesia, namun siapa pun yang memiliki izin konservasi harimau wajib untuk melestarikannya.

"Terlepas harimau Benggala bukan satwa dari Indonesia, kita harus ikut konservasi harimau yang bukan punya Indonesia," kata Gono mengutip detikTravel Rabu (26/7/2023).

Dalam program konservasi, LIPI (kini bergabung menjadi BRIN) memiliki wewenang untuk memberikan rekomendasi yang berhubungan dengan kedatangan satwa liar ke Indonesia. LIPI harus memeriksa dokumen yang menunjukkan bahwa masyarakat yang melakukan konnservasi memiliki kelengkapan kemampuan. Misalnya mulai dari kelayakan kandang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"