5 Fakta Gerhana Bulan Total 8 November 2022

5 Fakta Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Peristiwa langka gerhana bulan total 8 November 2022 sudah ditunggu banyak masyarakat di Indonesia. Gerhana bulan total terjadi karena posisi bulan sejajar dengan matahari dan bumi. Hal itu terjadi karena bulan masuk ke umbra bumi.

 Saat puncak gerhana bulan terjadi maka bukan akan terlihat berwarna merah. Gerhana bulan total bisa terlihat selama 1 jam 25 menit 44 detik. Berikut 5 fakta yang Paragram rangkum terkait fenomena alam yang jarang-jarang bisa disaksikan orang Indonesia.

Puncak Gerhana

Gerhana bulan total di Indonesia pada 8 November 2022 sebenarnya sudah bisa disaksikan sejak sore di beberapa wilayah di Indonesia. Namun puncak gerhana sendiri di Indonesia akan terjadi pada pukul 18.00.22 WIB, 19.00.22 WITA dan 20.00.22 WIT. 

Puncak gerhana bulan total bisa disaksikan di mayoritas wilayah Indonesia kecuali beberapa tempat di kawasan Sumatera, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Hal itu lantaran kondisi geografis wilayah tersebut.

5 Fakta Gerhana Bulan Total 8 November 2022 (Tribun)

Wilayah Melihat Penumbra Awal

Kawasan di Indonesia bagian timur ternyata bisa menyaksikan gerhana bulan sejak penumbra awal atau bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap.Daerah tersebut yakni Papua, Papua Barat, Halmahera, Seram Tengah, Seram Timur, Kepulauan Kai, Tanimbar, dan Aru. 

Masyarakat di daerah Ternate, Tidore, Ambon, Sulawesi, Bali, NTB, dan NTT dan sebagian Kalimantan bisa menyaksikan proses gerhana bulan total sejak awal. Makanya dari sore siap-siap buat lihat fenomena alam ini.

Dampak

Banyak orang penasaran untuk melihat fenomena gerhana bulan total pada 8 November 2022. Memang gerhana bulan total memiliki dampak bagi kehidupan manusia. Salah satunya air laut bisa naik ke permukaan darat atau biasa disebut air pasang. Air pasang laut ini biasanya memiliki ketinggian lebih tinggi dibandingkan air pasang biasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"