Jangan Lewatin 5 Fenomena Luar Angkasa Tahun 2019 Ini Ya Gengs

Jangan Lewatin 5 Fenomena Luar Angkasa Tahun 2019 Ini Ya Gengs

Tahun 2019 ini ada beberapa fenomena luar angkasa yang luar biasa nih gengs. Sebaiknya sih jangan sampe kalian lewatin, sayang banget soalnya.

Beberapa di antaranya adalah gerhana matahari dan bulan. Kedua fenomena luar angkasa itu banyak jadi sorotan publik tahun ini.

Nggak cuman itu gengs, kalian juga perlu tau nih beberapa hal yang disebut sebagai 'lompatan teknologi'. Soalnya, manusia sekarang lagi mempersiapkan untuk pendaratan roket atau pesawat luar angkasa di planet tetangga. Mungkin juga Bulan.

Dikutip dari DW, jangan lewatin nih 5 fenonema luar angkasa tahun 2019 ini ya gengs.

1. Gerhana Bulan Total

1. Gerhana Bulan Total Gerhana Bulan total akan terjadi lagi tahun ini (spaceplace.nasa.gov)

Akhir bulan Januari ini pantengin langit di malam hari. Ngapain sih? Ya nonton gerhana bulan total lah gengs. Soalnya ini fenomena langka dan kalian harus jadi saksinya nih.

Fenomena ini akan terjadi pada 21 Januari besok. Tapi sayang gengs ... gerhana bulan total ini cuma bisa dinikmati kalo kalian lagi gak di Indonesia.

Beberapa lokasi yang cocok untuk menikmati gerhana bulan total ini adalah di negara-negara Eropa dan Afrika. Keliatannya cuman di sana aja.

Tapi jangan khawatir, masih ada gerhana bulan sebagian yang masih bisa kalian saksikan sendiri menjelang pagi pada 16 Juli mendatang. Malem-malemnya, gerhana itu bisa kalian lihat di Afrika dan Eropa. Di Asia Tengah juga.

Biar bisa tetap melihat fenomena langka ini, kalian bisa menggunakan teleskop lho, jadi ya masih bisa keliatan lah ya.

2. Gerhana Matahari

2. Gerhana Matahari Gerhana Matahari cincin api (businessinsider.com)

Kita juga akan menemui gerhana matahari parsial pada pertengahan tahun nanti. Ini adalah fenomena kedua dari delapan rangkaian gerhana Matahari yang terjadi antara Juli 2018 hingga Desember 2021 nanti.

Sayangnya (lagi), gerhana Matahari tahun ini hanya bisa dinikmati di kawsan utara China, Jepang, Mpngolia, dan sebagian wilayah Rusia.

Tapi kalem, masih ada gerhana Matahari cincin di penghujung tahun ini. Desember nanti, gerhana Matahari cincin, berupa "cincin api" akan melintasi beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatra, terutama di Provinsi Sumatra Utara dan Kepulauan Riau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"