Ini Lho Cara Paling Gampang untuk Jelaskan Bumi Itu Gak Datar

Ini Lho Cara Paling Gampang untuk Jelaskan Bumi Itu Gak Datar

Emangnya Bumi datar ya? Argumen itu bisa patah dengan cara paling gampang untuk jelaskan bahwa Bumi itu gak datar!

Sejak kita masih makan bangku sekolah dulu, guru-guru kita selalu bilang kalo Bumi ini bulat. Sebutlah bulat, karena kata para ilmuwan sebenernya oval. Oke lah. Tapi ada pendapat lain yang belakangan dipercaya sejumlah orang juga.

Apa? Katanya, Bumi kita ini sebetulnya datar gengs. Eits, tahan tertawaan buat mereka. Mereka yang percaya akan Bumi datar tuh bukan tanpa alasan. Mereka punya temuan-temuan sendiri tentang hal itu. Kalian wajib hormati itu gengs.

Mereka yang percaya bahwa Bumi ini datar pun punya organisasi internasionalnya lho gengs. Namanya Flat Earth Society yang didirikan oleh Samuel Shenton pada 1956.

Bumi datar? Serius nih? (vice.com)

Organisasi itu sempat mati suri hingga akhirnya tahun 2004, Daniel Shanton mengangkat kembali organisasi itu. Mereka pernah menggelar beberapa kali konferensi internasional dan sempet gandrung pula di Tanah Air.

Tahun 2019 ini, Komunitas Bumi Datar Indonesia pun akan menggelar Konferensi Nasional. Buat kalian yang penasaran, mungkin bisa ikutan konferensi itu.

Dalam ulasan ini, kita mau nyoba ngasih penjelasan sendiri dong tentang kepercayaan kita kalo Bumi ini sebenernya nggak datar. Kita nggak sedang mencoba membenarkan argumen mereka, tapi semacam ruang untuk negosiasi lah, tsaahhh.

Dikutip dari Popsci.com, simak bareng-bareng kuy cara paling gampang untuk menjelaskan bahwa Bumi ini gak datar.

Proses gerhana Bulan, liat bayangan hitam yang 'memakan' Bulan (time.com)

#1 Saat gerhana Bulan, kita akan lihat bahwa bayangan yang pelan-pelan "memakan" Bulan itu berbentuk bulat. Coba perhatikan lagi deh proses gerhana Bulan.

Kapal makin jauh makin mengecil (flickr.com)

#2 Berulang kali kita lihat kapal yang berlayar menjauh dari dermaga tuh semakin mengecil. Apa itu belum menjelaskan kalo Bumi ini sebenarnya 'bulat'?

Lihat bintang di malam hari gengs~ (earthsky.org)

#3 Coba lihat bintang pas malam hari. Bintang-bintang itu akan berada di langit yang berbeda setiap waktunya. Coba lihat lagi deh. Atau lihat penjelasannya di Google atau mungkin YouTube.

Pemandangan Gunung Bromo, Jawa Timur (travelingyuk.com)

#4 Kalo sempet nih, coba deh kalian naik ke ketinggian tertentu. Ke gunung misalnya. Di sana kalian akan lihat bahwa pandangan kalian terbatas banget. Kayak ada bingkai yang membatasi jarak pandangan kalian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"