Persiapkan Dirimu, Gerhana Bulan Penumbra Bakalan Nongol di Indonesia 6 Juni 2020 Nanti

Persiapkan Dirimu, Gerhana Bulan Penumbra Bakalan Nongol di Indonesia 6 Juni 2020 Nanti

Persiapkan dirimiu gengs, karena menurut hasil pantauan dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada 6 Juni 2020. Gerhana Bulan Penumbra akan dimulai pada pukul 00.45 WIB. Mantul gak tuh....

Fenomena ini akan berada di puncaknya pada pukul 02.24 WIB dan berakhir pada pukul 04.04 WIB. LAPAN mengatakan Gerhana akan terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, dan Samudra Hindia.

Komunitas Astronomi Langit Selatan mengatakan, pada Gerhana Bulan Penumbra, Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar tiba. Kesempatan baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya.

Apa itu gerhana bulan Penumbra?

Apa itu gerhana bulan Penumbra? Bulan (Solopos.com)

Gerhana Bulan Penumbra merupakan kondisi di mana seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra Bumi gengs. 

Penumbra lebih lanjut merupakan bayangan kabur yang terjadi pada saat terjadi gerhana atau lebih tepatnya terjadinya bayangan benda gelap Bulan. Sehingga, pengamat dapat mengamati Bulan yang terlihat lebih suram atau abu-abu.

Kapan ada gerhana penumbra?

Kapan ada gerhana penumbra? Bulan (Republika.com)

Gerhana Bulan Penumbra pertama di tahun ini terjadi pada 11 Januari 2020 dini hari. Fenomena akan terjadi mulai pukul 00.57 WIB. Puncak fenomena ini diperkirakan akan terjadi pada pukul 02.10 WIB.

Kemudian, fenomena ini berakhir sekitar pukul 04.14 WIB. Sehingga proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra hingga berakhir berlangsung selama 3 jam 27 menit.

Penumbra (Syariah.com)

Dan sekarang ada lagi gengs!

Lewat situs resmi Langit Selatan dijelaskan bahwa pada saat Bulan Purnama Juni, Bumi akan masuk ke area penumbra yang menghalangi sebagian cahaya Matahari ke Bulan dan manusia di Bumi bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra.

Selain Indonesia, sebagian Amerika Selatan dan Amerika Utara, negara-negara di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia berkesempatan menikmati gerhana ini.

Sayang banget deh kalau gak lihat, karena fenomena ini jarang terjadi. Sudah siapkah kamu?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"