4 Langkah Awal untuk Mengatur Keuangan bagi Pasangan Baru, Yang Jomblo Boleh Mulai Dari Sekarang

4 Langkah Awal untuk Mengatur Keuangan bagi Pasangan Baru, Yang Jomblo Boleh Mulai Dari Sekarang

Kapan nikah? Nikah itu enak, lho.

Hey, siapa bilang cuma enak doang? Menikah itu memang menyenangkan, Gengs, tapi juga penuh tantangan dalam skala jenjang baru, termasuk dari segi finansial. Saat masih single, kita biasa mengatur keuangan secara personal. Lain lagi ketika sudah menikah: aset finansial dari dua orang digabungkan.

Buat kamu yang baru saja menikah, siapa yang masih suka merahasiakan keuangan masing-masing?

Ada baiknya, kesalahan ini diperbaiki. Sikap merasa masing-masing ini hanya akan menimbulkan kerancuan tanggung jawab soal pembiayaan iuran. Kalau sudah begini, bisa-bisa terjadi perang tanding.

Faktanya, persoalan keuangan itu sangat sensitif, lho Gengs. Membicarakan hal ini sejak jauh-jauh hari sebelum akad bisa jadi solusi. Biar hidup sebagai pengantin baru lebih syahdu.

Nah, buat kamu yang sudah punya pacar atau jomblo yang sudah merencanakan pernikahan, walaupun calonnya belum ada, ada beberapa cara mengatur keuangan yang bisa kamu diskusikan dengan calon pendamping hidupmu.

Ilustrasi Mengelola Keuangan Pasangan Baru (Ibupedia)


1. Sebaiknya Jujur Mengenai Kondisi Keuangan

Keterbukaan terkait kondisi keuangan merupakan hal mendasar. Katakan sejujurnya bila kamu mempunyai tagihan. Jangan pula menyembunyikan bila kamu mempunyai tabungan atau aset lainnya.

2. Adanya Perencanaan Target Keuangan Bersama

Dalam hal ini, target masing-masing pasangan bisa berbeda karena di sesuaikan kebutuhan masing-masing. Jangan lupa untuk merancang target keuangan untuk kebutuhan anak jika memang merencanakan untuk segera mempunyai momongan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"