3 Motor Matic yang Jadi Favorit Pelaku Curanmor, Ini Daftarnya

3 Motor Matic yang Jadi Favorit Pelaku Curanmor, Ini Daftarnya

Kasus pencurian kendaraan bermotor atau curanmor makin menggila. Seorang pelaku curanmor mengungkapkan jenis-jenis motor matic yang paling sering dicari untuk dicuri. Melansir dari akun Instagram @humas_polsek_tambora, terungkap serba-serbi pelaku curanmor yang tidak diketahui identitasnya.

Dalam video tersebut pelaku itu mengatakan mulai mencuri motor sejak usia 17 tahun. Dia menjelaskan motor-motor yang paling sering dicuri yakni Honda Vario, Honda Scoopy, dan Honda Beat. “Karena motor-motor itu pengamanannya sangat mudah untuk dijebol, sangat mudah diambil,” kata pelaku itu.

Karena mudah mencuri ketiga merek motor itu si pelaku cukup menggunakan kunci T atau kunci letter T yang sudah dimodifikasi oleh para pelaku agar mudah untuk mengambil motor. Meskipun kadang ada pemilik kendaraan yang memarkir motor dengan kunci setang ke kanan yang menyulitkan pencuri. “Kalau kunci ke kanan agak susah karena nyangkut sedikit,” tambahnya.

Motor Matic yang Paling Dicari Pelaku Curanmor (Instagram @humas_polsek_tambora)

Pelaku curanmor spesialis motor matic itu juga memberikan tips aman kepada pemilik motor untuk selalu waspada agar motornya tidak raib. Yang pertama adalah memasang kunci ganda bisa seperti kunci gembok di bagian roda motor. “Pasang remote atau alarm di motor, dan jangan parkir sembarangan,” serunya.

Ada juga anggapan yang mengatakan jika pelaku curanmor sangat menyukai motor-motor yang keluaran tahun lama karena tidak memiliki penutup pada bagian kontaknya. Sementara itu seorang pelaku curanmor bisa untuk mengambil motor dalam waktu 3 detik saja karena memang memiliki keahlian. 

Seorang penjahat yang sudah berpengalaman bisa mengambil belasan bahkan puluhan motor yang terparkir di tempat umum atau di rumah. Sejumlah faktor memicu terjadinya pencurian motor. Faktor internal seperti faktor ekonomi pelaku jadi pemicu. Karena terpepet menyebabkan seseorang mencuri motor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"