Ternyata Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Bisa Bikin Kita Ingin Buang Air Besar

Ternyata Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Bisa Bikin Kita Ingin Buang Air Besar

Jika setiap kali kamu minum kopi di pagi hari selalu diikuti sesi pergi ke kamar mandi, kamu tidak sendirian. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, mulai dari dampak kopi terhadap hormon usus dan aktivitas usus besar hingga waktu kamu meminumnya. Kopi membuat banyak orang buang air besar, dan permulaan buang air besar terjadi bahkan dengan kopi tanpa kafein.

# Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Kita Ingin BAB

# Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Kita Ingin BAB Biji kopi (jawapos.com)

Meskipun kopi tidak memiliki efek merangsang usus yang sama pada semua orang, penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan keinginan untuk buang air besar setidaknya pada sepertiga populasi dan cenderung lebih berdampak pada wanita dibandingkan pria.

Efek ini bisa terjadi dengan cepat. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kontraksi otot di usus besar dalam waktu empat menit, yang dapat memicu keinginan untuk buang air besar.

Kopi berkafein tampaknya memiliki efek yang lebih kuat pada aktivitas otot usus besar dibandingkan kopi tanpa kafein. Sebuah penelitian terdahulu menemukan bahwa meminum kopi berkafein memiliki efek 23% lebih kuat terhadap kontraksi usus besar dibandingkan dengan kopi tanpa kafein.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"