Perhelatan E3 Tahun 2020 Secara Resmi Ditiadakan Karena Antisipasi Wabah Korona

Perhelatan E3 Tahun 2020 Secara Resmi Ditiadakan Karena Antisipasi Wabah Korona

Event tahunan E3 sepertinya tidak akan digelar untuk tahun ini. Lembaga dibalik event tersebut, Entertainment Software Association (ESA) mengonfirmasi bahwa acara tahunan, yang terkenal dengan konferensi persnya yang mewah dan video gim blockbuster, tidak akan berlanjut. 

Pembatalan ini, tidak mengejutkan, disebabkan oleh kekhawatiran akan virus korona. Acara E3 yang bertempat Los Angeles biasanya berlangsung selama hampir seminggu dan menarik pengunjung dari seluruh dunia, sehingga risiko kesehatannya sangat besar.

Dalam sebuah pernyataan, ESA mengatakan: "Setelah berkonsultasi dengan perusahaan anggota kami mengenai kesehatan dan keselamatan semua orang di industri kami - penggemar kami, karyawan kami, peserta pameran kami dan mitra E3 lama kami - kami telah membuat keputusan sulit untuk membatalkan E3 2020." 

Pihaknya juga berjanji untuk menghubungi peserta "dengan informasi tentang memberikan pengembalian uang penuh."

Perhelatan E3 tahun 2020 ditiadakan karena Korona (digitaltrends.com)

Keputusan itu tidak mengejutkan. Event video gim dan acara yang terkait teknologi yang tak terhitung jumlahnya, termasuk Mobile World Congress (MWC), Game Developers Conference (GDC), Google I/O, konferensi F8 Facebook, SXSW dan Geneva Motor Show, semuanya telah dihentikan dalam beberapa minggu terakhir.

"Menindaklanjuti kekhawatiran yang meningkat dan luar biasa tentang virus COVID-19, kami merasa ini adalah cara terbaik untuk menghindarinya selama situasi global yang belum pernah terjadi sebelumnya," dalam pernyataan ESA. 

"Kami sangat kecewa bahwa kami tidak dapat mengadakan acara ini untuk penggemar dan pendukung kami. Tetapi kami tahu itu keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang kami miliki hari ini." lanjut pernyataan tersebut.

Seperti GDC, ESA sekarang mempertimbangkan semacam "pengalaman online" untuk mengisi kekosongan. Jika itu gagal terwujud, industri akan dibiarkan dalam posisi yang aneh. Sejumlah konsol baru diluncurkan tahun ini. Tak hanya milik raksasa seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X, tetapi juga sistem yang lebih kecil seperti Atari VCS, Playdate dan Analogue Pocket

Perhelatan E3 tahun 2020 ditiadakan karena Korona (makinggames.biz)

Sony sudah mundur dari acara tersebut, tetapi penerbit lain termasuk Bethesda, Ubisoft dan EA kemungkinan akan mengumumkan judul untuk PlayStation 5. Microsoft akan berbicara tentang Xbox Series X dan xCloud minggu depan, tetapi hampir pasti ada kejutan direncanakan untuk konferensi pers E3 juga.

Jika acara online tidak terjadi, perusahaan-perusahaan ini memiliki beberapa opsi. Mereka bisa, misalnya, terus maju dan beralih ke tempat-tempat alternatif di dalam Los Angeles. Sejumlah perusahaan lain, termasuk EA dan Devolver, telah menggunakan lokasi di luar kantor untuk secara tidak resmi memperluas jejak E3. 

Namun, skenario yang lebih mungkin adalah bahwa setiap perusahaan menciptakan dan menyelenggarakan streaming bergaya Nintendo Direct mereka sendiri. Kepala Xbox Phil Spencer telah mengkonfirmasi di Twitter bahwa timnya akan membuat "acara digital" sebagai gantinya. "Rincian mengenai waktu dan lainnya dalam beberapa minggu mendatang," katanya.

Atau, perusahaan dapat mengalihkan pengumuman mereka ke Gamescom, Tokyo Game Show, atau mengadakan acara fisik mereka sendiri di akhir tahun. Jika memang dari segi marketing masih diyakini bahwa acara semacam itu efektif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"