Sarapan Pagi Malah Bantu Kurangi Berat Badan? Ini Penjelasannya

Sarapan Pagi Malah Bantu Kurangi Berat Badan? Ini Penjelasannya

Hayo, siapa dari kalian yang sering melewatkan sarapan pagi? Nggak sedikit orang yang nggak makan pagi. Entah itu karena nggak sempet menyiapkan makan, ribet, nggak ada yang masakin dan sebagainya.

Ada pula nih yang niatnya buat diet. Padahal sebenernya sarapan pagi tuh penting loh. Apa sih yang membuat sarapan pagi itu penting?

sarapan pagi yang sehat (huffpost.com)

Melansir Today, beberapa studi menemukan manfaat rutin sarapan pagi. Pada sebuah penelitian di 2017 Journal of the American College of Cardiology menyebut bahwa mereka yang melewatkan sarapan punya risiko pengerasan arteri.

Uniknya lagi, pada studi lain ditemukan bahwa orang yang sarapan pagi dengan porsi besar dibanding makan pagi dan makan siang malah bisa menurunkan berat badannya. Ini menguatkan beberapa penelitian lainnya yang nunjukin kalo sarapan pagi bisa bantu menjaga berat badan.

sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas (theconversation.com)

Makanya, nggak salah kalo ada orang yang makan banyak di pagi hari. Jangan dikomentarin, masih pagi kok udah makan besar.

Bisa dibayangin, pagi adalah awal hari sebelum kita mulai bekerja. Artinya tubuh membutuhkan banyak energi sebelum mulai kerja keras.

Tapi tentu saja, kalian harus milih-milih menu yang tepat buat sarapan pagi. Rupanya sarapan dengan karbohidrat yang tinggi itu kurang baik. Sebaiknya, kalian pilih makanan yang mengandung protein tinggi.

Dalam studi pada 2014, disebutkan kalo makanan dengan kandungan protein 35 gram bisa mengurangi rasa lapar kalian sepanjang hari. Kadar glukosa dalam darah juga bisa stabil.

Inilah yang memicu penurunan berat badan dan bikin berat kalian nggak nambah. Menarik kan?

Malah, kalo kalian nggak sarapan, saat siang biasanya bakal mengonsumsi banyak kalori karena saking laparnya. Hal ini bisa memicu peningkatan berat badan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"