Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kering dengan Bahan Alami Di Rumah

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kering dengan Bahan Alami Di Rumah

Mata kering disebabkan karena gak cukup pelumasan. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan disertai dengan rasa perih atau terbakar di mata, pembentukan lendir berserabut di dalam atau di sekitar mata, peningkatan kepekaan terhadap cahaya, kemerahan atau penglihatan kabur.

Mata yang terlalu kering juga bisa menyebabkan keluarnya air mata palsu. Bukan karena sedih gengs, tapi untuk menjaga kelembaban mata. Air mata sampai jatuh di pipi.

Ada beberapa penyebab mata kering. Beberapa diantaranya adalah perubahan hormon, kondisi medis, penuaan, lingkungan yang banyak polusi dan aktivitas yang terlalu banyak fokus menggunakan mata.

Mata kering (totaleyecare.com)

Berikut ini tips mengatasi mata kering yang mudah dan murah kamu lakukan: 

Kompres hangat

Ambil kain bersih dan rendam sebentar dalam air hangat. Letakkan kain ini di atas mata selama lima menit. Kemudian, gosok perlahan kain tersebut ke kelopak mata, baik bagian bawah maupun atas, untuk menghilangkan kotoran.

Ulangi proses ini sampai air menjadi dingin. Metode ini membantu melumasi mata, meningkatkan kualitas air mata dan menghilangkan kemerahan dan iritasi yang mungkin menyertai.

Minyak kelapa

Minyak kelapa bertindak sebagai agen pembasahan untuk mata dan mencegah air mata menguap dengan cepat. Selain itu, ia memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi rasa tidak nyaman akibat mata kering.

Cukup rendam bola kapas dalam minyak kelapa dan letakkan di kelopak mata tertutup selama 15 menit. Ulangi ini sepanjang hari sampai kamu merasa lega.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"