Kenali 7 Tanda Kelebihan Gula di Tubuhmu, Supaya Kamu Terhindar dari Penyakit Diabetes

Kenali 7 Tanda Kelebihan Gula di Tubuhmu, Supaya Kamu Terhindar dari Penyakit Diabetes

Memang sih, makanan dan minuman manis itu enak. Apalagi dinikmati usai makan besar yang gurih-gurih atau pedas, pasti tambah enak. 

Tapi tahu gak sih ges, kelebihan asupan gula itu gak baik lho untuk tubuh. Sebab gula dan karbohidrat olahan itu gak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Sedihnya lagi, makanan-makanan manis dengan label "sehat" atau "rendah lemak" justru kadang sama berbahayanya dengan makanan enak yang gak ada embel-embel itu. Sama halnya seperti kola atau kue-kue. Apalagi kalau manis dan melalui proses memasak yang panjang.

Nah, untuk memastikan apakah kamu selama ini mengkonsumsi terlalu banyak gula atau tidak, berikut ini adalah 7 tanda-tandanya:

1. Lapar yang Terus Menerus

Makanan manis itu bisa membuat otak melepaskan dopamine, sama seperti obat-obatan terlarang. 

2. Kekurangan Energi

Pankreas adalah organ yang bertugas melepaskan insulin untuk membantu mentransfer glukosa ke sel tubuh. Nah, kalau glukosa sudah terpenuhi, kita nantinya akan butuh lagi untuk memproduksi energi di waktu berikutnya. Kalau kamu kelebihan gula, kerja pankreas jadi semakin berat, dan kamu justru akan merasa kelelahan.

3. Penuaan Dini

Penuaan dini akibat kelebihan gula (dermascope.com)

Kelebihan konsumsi gula akan membuat kerusakan protein, elastisitas dan kolagen. Jadi kamu akan punya kerutan di wajah sebelum waktunya. Risiko ini adalah efek kulit jangka panjang. Jadi, usahakan jangan konsumsi manis-manis berlebih ya!

4. Bengkak di Beberapa Bagian Tubuh

Jamur dan bakteri buruk biasanya akan menghasilkan gas saat mereka memfermentasi makanan yang tidak tercerna di usus besar. Bakteri buruk suka sekali gula dan bakteri baik menyukai sayuran, sehingga tidak menghasilkan gas. Nah, kalau kalian banyak mengkonsumsi gula, akan ada banyak gas yang diproduksi yang membuatmu bengkak. 

5. Insomnia



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"