Kematian Ilmuwan Penemu Vaksin COVID Rusia yang Janggal Seketika Memunculkan Teori Konspirasi, Apa Sebab Kematiannya?

Kematian Ilmuwan Penemu Vaksin COVID Rusia yang Janggal Seketika Memunculkan Teori Konspirasi, Apa Sebab Kematiannya?

Andrey Botikov, salah satu ahli virologi dan ilmuwan yang mengembangkan vaksin Sputnik V di Pusat Penelitian Nasional Gamaleya, tewas karena dicekik di rumahnya di Jalan Rogova pada 2 Maret 2023 lalu.

Kematiannya seketika menimbulkan berbagai spekulasi dan memicu teori konspirasi online tentang sebab kematiannya.

Sementara akun resmi menunjukkan pertengkaran domestik, kematian pria berusia 47 tahun itu terjadi di tengah serangkaian anggota elit Rusia yang ditemukan tewas dalam keadaan misterius selama setahun terakhir, termasuk ilmuwan dan pengusaha.

Komite Investigasi Rusia (ICR) mengumumkan bahwa mereka telah membuka penyelidikan pembunuhan, meyakini bahwa seorang pria berusia 29 tahun mencekik ilmuwan tersebut dengan ikat pinggang selama perselisihan sebelum melarikan diri dari tempat kejadian.

Vaksin Sputnik-V (twitter.com)

Divisi Moskow ICR tidak menyebutkan nama Botikov dalam sebuah pernyataan, tetapi mengatakan para penyelidik telah mengidentifikasi dan menemukan penyerang "dalam waktu sesingkat mungkin".

"Selama interogasi, dia mengakui kesalahannya, dia didakwa," tambahnya. "Sebelumnya, terdakwa dituntut karena melakukan kejahatan berat."

Anehnya, ICR tidak menanggapi permintaan Newsweek tentang identifikasi korban. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"