Jangan Ditahan! Berikut Ini Beberapa Alasan Kenapa Kentut Itu Bagus Untukmu

Jangan Ditahan! Berikut Ini Beberapa Alasan Kenapa Kentut Itu Bagus Untukmu

Meski sering dianggap memalukan, kentut adalah hal yang wajar terjadi. Kentut menandakan bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik. 

Tubuhmu menghasilkan gas sebagai bagian dari pemecahan dan pemrosesan makanan. Udara itu juga muncul ketika menelan udara saat makan, mengunyah, atau menelan makanan.

Semua gas dan udara ini menumpuk di sistem pencernaanmu. Beberapa di antaranya diserap secara alami, tetapi gas yang tersisa perlu dilepaskan dengan cara tertentu — baik sebagai kentut atau sendawa.

Jika kamu tidak mengeluarkan gas, kamu bisa merasa tidak nyaman, bahkan menyakitkan, seperti kembung.

Nah, berikut ini beberapa manfaat kentut untuk tubuhmu:

1. Mengurangi Sakit Perut

Sakit perut karena tak bisa kentut (health.kompas.com)

Saat kamu makan, mengunyah, menelan, dan memproses makanan, gas akan terkumpul di saluran pencernaan. Jika kamu menghasilkan banyak gas, pada akhirnya dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Tapi kentut menghilangkan gas itu dan rasa sakit karena tekanannya.

2. Tanda Bahwa Makanan yang Kamu Konsumsi Seimbang

Diet yang mencakup protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dianggap seimbang dan sehat. Tapi itu akan menghasilkan gas.

Jenis karbohidrat tertentu tidak selalu dapat dipecah di saluran pencernaan. Sebaliknya, mereka akan berfermentasi sebentar di usus besar sebelum dikeluarkan saat buang air besar. Fermentasi itu menghasilkan gas.

3. Meningkatkan kesehatan usus besar



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"