10 Cara Merawat Kesehatan Mata, Mudah dan Murah

10 Cara Merawat Kesehatan Mata, Mudah dan Murah

Mata adalah jendela hati. Mata yang indah akan memancarkan cahaya hati, karena hati yang tenang berasal dari terjaganya pandangan. 

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang tentu saja sangat penting, tak hanya bagi manusia, semua makhluk pun membutuhkan mata. Dengan mata, Kita bisa melihat apa saja yang ada di sekeliling kita. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat kita. 

Meski demikian besar fungsinya, namun kita terkadang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut adalah sepuluh cara merawat kesehatan mata yang bisa kita terapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Jangan Membaca dalam Cahaya Redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup atau minim yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, istirahatkanlah sejenak.

Membaca dengan Cahaya Cukup (Kita Pasti Bisa)

2. Jangan Langsung Melihat Cahaya yang Terlalu Terang

Meski tidak disarankan membaca pada cahaya lampu yang redup, kita juga tidak dianjurkan melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung. Jangan fokuskan mata kita pada sinar matahari, karena dapat merusak mata. Jika terpaksa harus beraktifitas secara outdoor, maka kenakanlah kacamata ya.

3. Kenakan Kacamata saat Mata Bekerja Ekstra

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

4. Hindari Terlalu Lama Berada di Depan Komputer

Tidak dipungkiri, hampir seluruh aktivitas manusia tidak lepas dari komputer, laptop, HP, tablet dan layar lainnya. Nah, untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar. Hal tersebut dapat membuat mata menjadi lelah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"