TikTok Luncurkan Fitur Jual-Beli di Dalam Aplikasi

TikTok Luncurkan Fitur Jual-Beli di Dalam Aplikasi

TikTok, platform video bentuk pendek yang didominasi oleh pengguna remaja, kini bergerak dengan mantap ke konten yang disponsori. 

TechCrunch melaporkan bahwa aplikasi tersebut sekarang akan memiliki fitur yang memungkinkan penonton video membeli produk tertentu melalui tagar yang disponsori tanpa harus meninggalkan aplikasi. Fitur ini diberi nama Hashtag Challenge Plus. 

Perusahaan yang tertarik untuk mempromosikan barangnya, di TikTok dapat menyewa influencer untuk melakukan kampanye langsung dan menjual produk ke pengguna aplikasi.

Aplikasi TikTok (engadget.com)

Kroger, toko grosir dan retail di Amerika Serikat menjadi perusahaan pertama yang menguji fitur baru ini. Mereka minggu lalu menggunakan kampanye tantangan #TransformUrDorm. Tantangan ini mengajak pengguna TikTok untuk memposting video perubahan kondisi kamar kos sebelum dan sesudah ditransformasi. 

Transformasi yang dimaksud tentu saja menggunakan produk-produk Kruger yang khusus dari aplikasi TikTok seperti pemanggang roti dan pembuat popcorn. Tagar sekarang memiliki lebih dari 447 juta view di ratusan video yang berbeda.

Beberapa perusahaan juga telah bereksperimen untuk kampanye influencer mereka sendiri di aplikasi ini. Seperti yang dicatat Buzzfeed baru-baru ini, beberapa influencer TikTok remaja telah didekati oleh label musik untuk menggunakan lagu-lagu tertentu dari label dalam video mereka. 

Merek kecantikan menggunakan TikTok untuk membuat pasar make-up spesifik yakni di usia di bawah 24 tahun. Sephora dan TooFaced telah meluncurkan kampanye pada aplikasi dalam beberapa minggu terakhir, lapor Glossy.

Toko grosir Kroger AS (kroger.com)

Menjelajah ke e-commerce adalah langkah berani untuk TikTok yang relatif baru, yang baru saja merayakan peringatan satu tahun. Tetapi cakupan internasional aplikasi dan terutama pemirsa Gen-Z tidak diragukan lagi akan sangat menarik bagi pengiklan. 

Sama seperti Instagram pada 2013 sebelum munculnya posting yang disponsori dan iklan yang sangat bertarget, TikTok tetap menjadi salah satu dari sedikit tempat di internet di mana kaum muda dapat bebas dari pengiklan. 

Dengan tagar sponsor dan halaman merek khusus yang telah aktif, mungkin situasi akan berubah.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"