Supaya Gak Lemot, Ikuti Langkah-Langkah Hapus Cache di Smartphone Androidmu Berikut Ini Deh!

Supaya Gak Lemot, Ikuti Langkah-Langkah Hapus Cache di Smartphone Androidmu Berikut Ini Deh!

Ponsel Android punya penyimpanan terbatas yang dapat penuh dengan cepat. File data sementara ini dikenal sebagai cache; sebagian besar ruang penyimpanan ponsel Android-mu mungkin terisi dengan file cache. Mari kita lihat apa itu file aplikasi sementara dan cara menghapus cache di Android.

# Apa Itu Data Cache?

Ponselmu menggunakan data sementara yang disimpan dalam file cache untuk dengan cepat mengingat informasi terkait saat kamu membuka aplikasi. Misalnya, Spotify mungkin menyimpan daftar putar yang paling sering kamu mainkan sehingga tidak perlu memuat daftar lagu lengkapnya setiap kali kamu membukanya. Google Chrome mungkin men-cache gambar besar di situs web yang kamu kunjungi secara teratur, sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali kamu membuka halaman.

File cache hanya berguna untuk program terkait; Spotify tidak menggunakan cache Instagram, misalnya. Dalam banyak kasus, setelah aplikasi memutuskan bahwa informasi sementara yang disimpan tidak lagi berguna, itu akan membuang file cache yang menyertainya. Situs web, aplikasi, dan game semuanya menggunakan file cache untuk menawarkan pengalaman yang lebih lancar.

Cache tidak hanya digunakan oleh ponsel Android. Tapi juga merupakan fungsi dari browser desktop dan perangkat lunak lainnya. Tanpa cache, perangkatmu harus memuat ulang gambar dan elemen lain setiap kali kamu mengaksesnya. Tentu cara itu tidak efisien.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"