Playstation 2 Rayakan Ulang Tahun ke-20, Apa Saja yang Membuatnya Menjadi Konsol Istimewa

Playstation 2 Rayakan Ulang Tahun ke-20, Apa Saja yang Membuatnya Menjadi Konsol Istimewa

PlayStation 2 keluar di Jepang 20 tahun yang lalu pada 4 Maret 2000. Jadi baru sehari yang lalu ia merayakan hari ulang tahunnya. Dan selama masa hidup 13 tahun, tanggal 4 Januari 2013 konsol ini dihentikan, Sony telah menjual 155 juta unit.

Rekor tersebut membuat PlayStation 2 sebagai konsol terlaris sepanjang masa, yang berarti kemungkinan besar beberapa dari kalian memiliki satu dan mempunyai perasaan yang kuat terhadap konsol yang istimewa ini.

Lantas apa saja yang membuatnya istimewa jika dibandingkan dengan sejumlah konsol lain yang lahir di dekade tersebut seperti Sega Dreamcast, Nintendo GameCube, dan bahkan Xbox generasi pertama? Yuk kita simak beberapa opini di bawah ini gengs.

PlayStation 2 berulang tahun yang ke 20 (wikipedia.org)

Pertama kita akan membahas segi desain PlayStation 2 yang sangat ikonik. Banyak pihak yang mengidentikan bentuk bersih tanpa cela konsol ini seperti monolith yang muncul di film 2001: A Space Odyssey.

Estetika yang bersih dan sederhana ini juga meluas ke menu sistem yang terasa sangat minimalis dan ambienik. Apalagi setelah muncul versi Slim, konsol ini praktis tidak memakan banyak tempat untuk ruangan yang sempit semisal laci kecil di bawah meja tv.

Pilihan warna hitam juga membuat konsol ini terlihat sangat kokoh. Ditambah aksen lampu biru dan ungu di bagian samping membuatnya seperti hadiah dari luar angkasa yang canggih. Dengan kontroler DualShock yang bertema sama menjadikan PlayStation 2 sebagai satu paket hiburan rumah yang sangat estetik.

Sebagai produsen asal Jepang, Sony tentu sangat memperhitungkan dimensi dan bentuk konsol mereka. Terutama berhadapan dengan pasar dalam negeri yang tak mengharapkan konsol yang megah. Dan jika perangkat ini pas untuk rumah tangga Jepang, maka dia akan masuk di mana saja.

PlayStation 2 berulang tahun yang ke 20 (forum.digitpress.com)

Semua desain cerdas itu akan sia-sia jika PlayStation 2 tidak memiliki daftar gim untuk mendukungnya. Tentu saja pernyataan tersebut tak berlaku. Dengan hampir 4.500 judul di perpustakaannya, sistem ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Bahkan itu belum menghitung kompatibilitas dengan perpustakaan gim PlayStation Original.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"