Pesawat Ruang Angkasa Hayabusa2 Pulang Bawa Sampel Tanah dari Ryugu

Pesawat Ruang Angkasa Hayabusa2 Pulang Bawa Sampel Tanah dari Ryugu

Selama satu setengah tahun terakhir, pesawat ruang angkasa Hayabusa2 JAXA terbang di samping asteroid Ryugu mengarungi angkasa luar yang luas dan kosong. 

Ia terbang cukup dekat sehingga mampu menembakkan peluru ke permukaannya dan bahkan meledakkan bom untuk melepaskan sebagian tanah lantas mengambil sampel yang bisa dibawa pulang. Sekarang, pesawat ruang angkasa bersama sampel yang dikumpulkannya kini mulai kembali ke Bumi.

Hayabusa2 bawa pulang sampel tanah Ryugu (astronomy.com)

Hayabusa2 telah meninggalkan asteroid pada 13 November 10:05 waktu Jepang. Ia telah mengambil foto Ryugu saat wahana tersebut melayang pergi dan akan terus mengambil gambar asteroid selama lima hari ke depan.

Pesawat ruang angkasa akan terbang perlahan, sehingga asteroid akan secara bertahap telihat semakin kecil dalam gambar, yang akan secara teratur diunggah ke situs web JAXA.

Ryugu adalah asteroid yang berada di dekat Bumi dan mengandung banyak senyawa karbon di tubuhnya. Para ilmuwan berharap bahwa sampel yang diberikannya dapat memberi mereka lebih banyak informasi tentang asal-usul dan evolusi inner planet. 

Lebih penting lagi, mereka berharap sampel dapat membantu menjelaskan asal usul air dan senyawa organik, atau secara gamblang asal usul kehidupan di Bumi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"