Pesawat AS Pecahkan Rekor Terbang Selama 780 Hari

Pesawat AS Pecahkan Rekor Terbang Selama 780 Hari

Bagaimana rasanya terbang dengan pesawat selama berhari-hari, 8 jam saja sudah capek banget. Tetapi pesawat milik Angkatan Udara AS X-37B memiliki rekor yang sangat mencengankan. 

Pesawat tersebut kini telah mendarat di di Kennedy Space Center setelah 780 hari terbagn di orbit Bumi. Gila kan! X-37B bahkan memecahkan rekornya sendiri setelah sebelumnya terbang selama 717 hari, 20 jam dan 42 menit.

Pesawat AS pecahkan rekor terbang (engadget.com)

Ya berbeda dengan pesawat komersial dengan penumpang, X-73B adalah pesawat luar angkasa buatan Boeing. Ia terbang tiga kali lipat lebih banyak dengan prediksi awal 240 hari. 

Pasalnya ini adalah pesawat yang sama saat memecahkan rekor yang sebelumnya. Sehingga tak banyak yang berharap bahwa pesawat ini bisa terbang lama. Bahkan X-73B baru saja menyelesaikan misi kelima di luar angkasa.

Menurut direktur USAF Rapid Ability Office Randy Walden, pesawat ruang angkasa tersebut telah menyelesaikan "semua misi bertujuan". Tapi ia tidak menyebutkan misi apa saja yang dimaksudkan.

Apa yang dibawa oleh pesawat X-37B juga masih dirahasiakan. Dan pihak resmi hanya memberikan petunjuk samar tentang apa yang ada di dalamnya. 

Salah satunya adalah penyebar panas yang membantu menguji peralatan "elektronik eksperimental" dan pendinginan pipa panas dalam spaceflight jangka panjang, sementara proyek lain mungkin telah menguji pendorong ion Hall-effect. Walden mengakui bahwa pesawat ruang angkasa itu menggunakan "satelit kecil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"