Peneliti Universitas California Temukan Cara Bikin Robot yang Mudah dan Murah

Peneliti Universitas California Temukan Cara Bikin Robot yang Mudah dan Murah

Dengan penemuan dan penelitian yang terus berkembang, membuat robot lunak dewasa ini mungkin akan terlihat sangat mudah. Setidaknya jika kalian memiliki alat printer 3D yang praktis sendiri.

Peneliti Universitas California San Diego telah menemukan cara untuk mencetak robot fleksibel seperti serangga 3D dengan murah, cepat dan tanpa menggunakan peralatan eksotis yang langka dan mahal. 

Peneliti temukan cara produksi robot mudah dan murah (engadget.com)

Caranya adalah dengan mencetak "flexoskeletons," atau bahan kaku yang dicetak 3D pada lembaran polikarbonat yang fleksibel dan tipis. Sama seperti serangga, ada fitur yang meningkatkan kekerasan hanya di daerah tertentu.

Robot lunak, atau soft robot sendiri adalah robot yang memiliki organ tubuh yang lunak sehingga dapat menyelinap ke tempat-tempat yang sempit untuk melakukan tugas-tugas yang tak bisa dilakukan manusia. Robot lunak konvensional biasanya memiliki fitur lunak yang melekat pada benda padat.

Setiap komponen flexoskeleton membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dicetak, dan bot yang sudah dirakit sepenuhnya bisa siap dalam waktu kurang dari dua jam. Bagian individual berharga kurang dari $ 1 - daya pemrosesan, sensor, dan baterai cenderung menjadi bagian yang paling mahal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"