Mengenal Perbedaan Micro USB dan Type C: Mana yang Lebih Unggul?

Mengenal Perbedaan Micro USB dan Type C: Mana yang Lebih Unggul?

Kini, banyak smartphone yang menggunakan konektor USB Type C untuk pengisian daya baterai atau melakukan transfer data. Tetapi, ada pula beberapa smartphone yang masih menggunakan fitur Micro USB, dimana fitur ini merupakan smartphone entry-level yang banyak digunakan pada ponsel di beberapa tahun lalu.

 

Namun meski ada beberapa yang masih menggunakannya, kemungkinan besar jumlahnya masih lebih sedikit ketimbang smartphone yang memakai konektor USB Type C.

 

Lantas, apa sih perbedaan Micro USB dan Type C?

 

Perbedaan keduanya yang paling jelas dan bisa kita lihat langsung adalah dari bentuknya. Biasanya, USB Type C memiliki desain yang lebih simetris, alias sisi atas dan bawahnya adalah sama. Dengan begitu, tipe konektor Type C bakal lebih mudah ditancapkan ke ponsel.

 

Lain halnya dengan Micro USB yang sisi atas dan bawahnya berbeda sehingga pengguna mesti menyesuaikan posisi konektor ketika hendak menancapkan ke port.

Ilustrasi kabel konektor USB (kompas)

 

Tetapi, perbedaan Micro USB dan Type C tak cuma dilihat dari bentuknya saja. Masih ada hal lain yang menjadi pembeda antara keduanya.

 

Untuk tahu lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Kecepatan konektor

 

Perlu diketahui bahwa perbedaan Micro USB dan Type C ada pada kecepatannya dalam menghubungkan.

 

Keduanya sama-sama menggunakan teknologi USB (Universal Serial Bus) yang hadir dalam standar atau versi berbeda dalam kecepatan transfer data.

 

Versi dan kecepatan USB ini terdiri dari beberapa macam yaitu USB 1.1 (12 Mbps), USB 2.0 (480 Mbps), USB 3.0 (5 Gbps), hingga USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dan Gen 2 (10 Gbps). Micro USB biasanya memiliki teknologi USB hanya sampai versi 3.0 saja. Sedangkan banyak smartphone yang sudah menggunakan micro USB versi 2.0.

 

Sedangkan pada model USB Type C saat ini sudah dibekali dengan teknologi versi 3.1 Gen 2 yang punya fitur dua kali lebih cepat dibandingkan Micro USB.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Cas Handphone, Jangan Sampai Terulang!

 

Daya Listrik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"