Mengenal Game Roleplay yang Bisa Menyerang Psikis Anak

Mengenal Game Roleplay yang Bisa Menyerang Psikis Anak

Akhir-akhir ini, terdengar istilah game bernama 'roleplay' di TikTok yang dikatakan berbahaya bagi para anak-anak. Sebab, adegan permainan ini memang berbau dewasa.

Seperti seorang bocah yang belum lama ini viral karena dirinya bermain seolah-olah telah memiliki anak yang perannya dimainkan oleh pengguna TikTok lain.

Lalu, apa sih sebenarnya roleplay itu? Roleplay sendiri merupakan singkatan role player. Menurut TechTarger, permainan ini memungkinkan pengguna untuk menjadi sebuah karakter fantasi dan fiksi ilmiah yang menyerupai identitas tertentu.

Roleplayer ini biasanya berperan seolah-olah dirinya adalah karakter di acara TV, film, buku atau selebriti. Mereka nantinya akan berakting dengan menyesuaikan gaya bicara hingga aktivitas sehari-hari.

Ilustrasi anak bermain gadget (suara.com)

Nah, pemain roleplayer di TikTok biasanya akan berinteraksi dengan saling meng-follow akun satu sama lain, kemudian mereka akan berhubungan secara fiksi melalui konten video berlatarbelakang dialog yang sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Saat ini, ada beberapa genre roleplay yang sering dimainkan yaitu Korea dan Wstern. Keduanya nanti akan dibagi menjadi kelompok karakter tertent seperti artis, penyanyi, boyband dan sebagainya.

Namun sayangnya, akan ada beberapa adegan berhubungan dewasa yang terekspos di pencarian roleplay TikTok.

Mantan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang pendidikan/Satuan Tugas Pengungsi Luar Negeri Indonesia, Retno Listyarti, mengatakan jika pengawasan orang tua yang minim bisa berakibat fatal bagi anak-anak. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"