Lenovo Hadirkan Laptop Super Tipis yang Butuh Pendamping GPU Eksternal

Lenovo Hadirkan Laptop Super Tipis yang Butuh Pendamping GPU Eksternal

Lenovo memulai tahun 2020 dengan laptop gaming yang mungkin membuat kamu berpikir bahwa keterbatasan itu nyata. Dan partner adalah suatu kebutuhan mendasar agar potensi diri dapat berkembang pesat melebihi apa yang terlihat. 

Untuk ini Lenovo memperkenalkan seri terbaru Legion Y740S, laptop ramping berukuran 15,6 inci. Namun laptop ini disebut sebagai model gaming Lenovo "tertipis dan teringan". Beratnya tak sampai 2 kg sedangkan tebalnya hanya 1,5 sentimeter. 

Karena postur tersebut, mau tak mau Y740S harus berpasangan dengan GPU eksternal (eGPU) yang juga dikeluarkan oleh Lenovo, yakni Legion BoostStation. Namun apa yang dimiliki laptop ini sebenarnya sudah sangat bertenaga, untuk mengimbangi eGPU tentunya.

Laptop super tipis monster gaming dari Lenovo (lenovo.com)

Y740S memiliki prosesor Core i9, 32GB RAM dan 1TB PCIe SSD. Memang jika tak dicolokkan ke BoostStation, kamu hanya akan mendapatkan grafis Intel terintegrasi. Laptop ini benar-benar membutuhkan eGPU jika ingin bermain semua game 3D modern.

Kalian dapat mengonfigurasi Y740S dengan layar 1080p standar atau layar 4K berkemampuan HDR menggunakan Dolby Vision. Dan meski diperas sedemikian rupa, baterai Y740S masih dapat bertahan hingga delapan jam.

Sedangkan kombinasi dua port Thunderbolt 3 dan dua port USB 3.1 Gen 2 memberi ruang bagi periferal berkecepatan tinggi selain eGPU. Kamu juga dapat mengharapkan speaker yang mendukung Dolby Atmos dan keyboard "bouncy" baru yang menjanjikan respons yang cepat dan taktil tanpa ghosting.

Lantas bagaimana dengan BoostStation sendiri? Perangkat ini bukan suatu hal yang radikal jika dibandingkan eGPU Thunderbolt 3 lainnya. Tetapi kamu akan mendapatkan berbagai pilihan paket bundel GPU yang berkisar dari GeForce GTX 1660 Ti hingga RTX 2080 Super.

Laptop super tipis monster gaming dari Lenovo (lenovo.com)

Jika kalian memilih AMD, ada juga varian Radeon RX 5700 XT dari brand merah. Keseluruhan eGPU dapat berfungsi melalui hub dengan dua port USB 3.1, satu port USB 2.0, HDMI dan Ethernet. 

Baik Y740S dan perangkat BoostStation akan dipasarkan pada bulan Mei. Laptop sendiri akan dihargai mulai dari $ 1.100, sedangkan BoostStation menelan biaya $ 250 secara terpisah. 

Lenovo belum menjelaskan berapa harga bundel, meskipun aman untuk menganggap bahwa kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika kalian menginginkan bermain game AAA modern di perangkat yang sangat ringan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"